foto2106

Inilah Yang Bisa Dipelajari Anak dari Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan memang membahagiakan, apalagi bila hewan kesayangan itu bisa jadi teman bermain si kecil. Namun kebahagiaan tersebut sepaket dengan tanggung jawab untuk merawatnya. Tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk melibatkan si kecil agar juga bisa belajar dari hewan peliharaan.

Jika binatang peliharaan tersebut seperti burung atau ikan hias yang memiliki kandang atau sangkar, mungkin tak terlalu merepotkan. Tapi lain soal bila hewan yang dipelihara adalah kucing atau anjing. Hewan-hewan tersebut memiliki gerak yang bebas.

Sejumlah riset menunjukkan, memelihara hewan peliharaan rumah dengan anak kecil tidak menimbulkan efek negatif selama kebersihan dan keamanannya terjaga. Bahkan, sejumlah ulasan menyatakan, memelihara binatang peliharaan justru menjadi metode pembelajaran yang baik bagi anak.

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar. Keberadaan hewan peliharaan di rumah akan mengusik rasa penasarannya. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menumbuhkan rasa kasih sayang anak pada hewan. Selain itu, melibatkan anak dalam memelihara hewan peliharaan akan membuat anak belajar mengenai rasa tanggung jawab sejak dini. Inilah beberapa cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab tersebut.

  • Memberi makan

Agenda memberi makan hewan peliharaan akan menjadi pembelajaran yang menarik bagi anak-anak. Anak akan senang melihat bagaimana hewan peliharaan seperti anjing, kucing, ikan, atau burung memakan makanan yang diberikan. Dari aktivitas memberi makan, anak akan mengenali jenis makanan untuk hewan peliharaan, cara memberi makan yang benar, dan jadwal memberi makan hewan peliharaan. Meski kegiatan ini menyenangkan, ajarkan anak untuk memberi makan hewan peliharaan sesuai jadwal dan sesuai porsinya. Terangkan pada anak apa alasannya.

  • Menjaga kebersihan hewan

Salah satu poin penting adalah memastikan kandang hewan dan segala fasilitas penunjangnya tetap bersih. Anda bisa melibatkan anak untuk membersihkan kandang bersama secara rutin, termasuk membersihkan tempat kotoran hewan. Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dan membersihkan diri setelah melakukan agenda bersih-bersih.

  • Menjaga keindahan dan kesehatan hewan

Anda bisa mengajak anak jika hendak melakukan pemeriksaan rutin hewan peliharaan ke dokter hewan langganan. Cara ini akan membuat anak belajar lebih banyak tentang hewan dan biologinya.

  • Bermain bersama hewan

Anak-anak akan sering melewatkan waktunya di rumah dengan bermain bersama hewan peliharaan. Anda bisa sesekali mengawasi mereka. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan ajang bermain ini sebagai sarana sosialisasi anak Anda dengan anak-anak lain. Misalnya Anda bisa membawa anak ke taman dan mengajak jalan-jalan hewan peliharaan, sambil bermain bersama anak-anak lainnya di lingkungan sekitar.

  • Mengajari anak arti perpisahan

Tentu Anda berharap agar hewan peliharaan akan berada di tengah keluarga selama mungkin. Namun, terkadang kondisi tak berjalan sesuai rencana dan hewan peliharaan Anda harus pergi selamanya. Entah karena sakit atau karena hilang, perpisahan tak pernah mudah. Hal ini pasti juga akan menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi anak Anda yang menyayangi hewan peliharaannya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments