foto2006

Libur Lebaran Maksimal, Sehat Lahir Batin

Dibanding libur nasional lain, libur Lebaran memiliki waktu yang lebih panjang atau bahkan terlama. Minimal, Anda memiliki waktu seminggu untuk tak harus ke kantor. Sayang bila waktu selama itu Anda biarkan berlalu tanpa bekas. Karena itu, gunakan libur Lebaran semaksimal mungkin agar dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Umumnya, waktu liburan yang panjang ini digunakan orang untuk mudik, atau menengok kampung halaman. Namun ada juga yang memilih di rumah saja, atau berlibur ke luar kota. Apapun pilihan Anda, Anda bisa memaksimalkan waktu libur yang panjang ini untuk mengisi kembali baterai Anda. Sehingga ketika kembali bekerja, kondisi fisik dan mental Anda sudah lebih segar.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk mengisi masa liburan ini agar lebih bermanfaat.

  • Silaturahim

Ada kebersamaan dalam momen Lebaran. Saat Lebaran, umumnya semua keluarga berkumpul, tidak hanya anggota keluarga inti, tetapi juga keluarga besar atau kerabat jauh lainnya. Anda dan keluarga besar yang biasanya jarang bertemu karena kesibukan sehari-hari atau tinggal berjauhan, bisa memanfaatkan momen ini untuk saling bercerita dan bertukar informasi apa yang telah terjadi selama setahun belakangan. Jika Anda tak kemana-mana, Anda bisa bersilahturahmi ke tetangga-tetangga terdekat yang juga sedang berada di rumah. Saatnya Anda berbicara lebih banyak, tak hanya saling bertukar sapa atau tersenyum bila bertemu di jalan atau depan rumah. Hubungan yang lebih dekat ini bisa membuat Anda lebih bahagia.

  • Berwisata

Selain mudik ke kampung halaman dan bersilaturahim, Anda dan keluarga juga bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata di kota tujuan. Misalnya, berkunjung ke museum, pantai, kebun binatang, atau mengunjungi situs yang bernilai sejarah. Masih dalam suasana Lebaran, Anda juga bisa berkunjung ke sejumlah oyek wisata rohani seperti masjid bersejarah atau napak tilas Wali Songo. Kegiatan ini bisa menyegarkan pikiran Anda sekaligus menggerakkan otot-otot Anda yang kaku selama perjalanan.

  • Berkumpul bersama keluarga

Anda dan keluarga yang tidak memiliki rencana pergi ke luar kota bisa menikmati suasana Lebaran di kota sendiri. Tidak harus berwisata, Anda juga bisa bersantai bersama keluarga tercinta di rumah dan melakukan berbagai aktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah berami-ramai karena asisten rumah tangga mudik, atau memasak bersama. Karena dilakukan bersama keluarga tercinta, tentu aktivitas ini tak kalah seru.

Memang kadang akan terjadi pertengkaran-pertengkaran kecil selama Anda bersama. Pertengkaran yang jarang terjadi ketika Anda sekeluarga jarang bertemu. Friksi ringan tersebut adalah bentuk komunikasi agar Anda sekeluarga dapat lebih saling memahami. Dari kegiatan bersama tersebut, Anda bisa lebih tahu apa yang akhir-akhir ini dirasakan oleh masing-masing anggota keluarga.

  • Me Time

Jika memutuskan untuk tidak mudik dan masih ada libur usai berkumpul dengan kerabat, luangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri alias “me time”. Apalagi jika sebelum Lebaran Anda kerap lembur di kantor atau dua hari Lebaran penuh dengan kunjungan dan silaturahim. Untuk mengisi ulang energi Anda, sediakan waktu yang cukup untuk mengistirahatkan fisik dan mental. Anda bisa melakukan aktivitas yang paling disenangi. Misalnya menonton film atau hang out bersama teman-teman saat jenuh di rumah. Banyak tempat seru sekitar Bintaro yang bisa Anda kunjungi.

Apapun aktivitas yang Anda lakukan, pastikan momen Lebaran menjadi momen yang bermanfaat dan berkesan bersama keluarga dan orang-orang yang Anda cintai. Maksimalkanlah hari-hari penghujung bulan Ramadhan dengan bijak agar tak berlalu sia-sia. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments