cat-2359779_1280

Agar Hati Tenang Saat Menitipkan Hewan Kesayangan

Waktu mudik sudah di depan mata. Selain mempersiapkan bekal dan kendaraan untuk mudik, perhatikan pula hewan kesayangan Anda. Kalau memang hewan peliharaan Anda tak mungkin untuk diajak mudik, Anda perlu mencari tempat penitipan hewan yang benar-benar bisa menjaga dan merawat hewan kesayangan Anda.

Sebenarnya bisa saja Anda menitipkan hewan peliharaan Anda pada teman atau kerabat yang sudah Anda kenal. Tentu saja, ini lebih enak, apalagi bila teman atau kerabat Anda tersebut juga penyuka binatang dan sudah kerap bermain dengan hewan kesayangan Anda. Artinya, hewan kesayangan Anda sudah mengenal dan familiar dengan orang tersebut. Namun tentu ini bergantung pada kebaikan  hati dan keluangan waktu teman Anda.

Alternatif kedua yang memang lebih memungkinkan adalah menitipkannya pada tempat penitipan hewan, seperti pet shop. Untungnya, kawasan Bintaro dan sekitarnya memiliki banyak pet shop. Sehingga Anda punya berbagai alternatif tempat penitipan hewan. Tak jauh dari Bintaro, yaitu di daerah BSD, juga terdapat Pet Kingdom yang menyediakan hotel bagi hewan peliharaan.

Agar hati Anda tenang, berhati-hatilah dalam memilih lokasi penitipan hewan. Pemilihan tempat penitipan hewan tak boleh sembarangan. Seperti menitipkan anak, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan tempat penitipan. Inilah sejumlah aspek yang harus Anda perhatikan.

Lama penitipan

Jangka waktu dalam menitipkan hewan peliharaan perlu diperhatikan. Anda sebaiknya sudah memprediksi lama perjalanan mudik hingga tiba kembali di kota tempat tinggal. Pastikan pula lokasi penitipan hewan peliharaan tetap buka meskipun libur hari raya. Dengan mengetahui lama waktu titip, Anda juga bisa menghitung biaya yang dikeluarkan. Semakin lama waktu penitipan, biaya yang dibutuhkan akan semakin besar.

Fasilitas

Cermatlah dalam memilih lokasi penitipan hewan peliharaan. Perhatikan mulai dari kondisi dan ukuran kandang, kebersihan, penanganan hewan secara umum, hingga  pemberian makan untuk hewan peliharaan. Tanyakan makanan apa yang biasanya diberikan kepada hewan yang dititipkan. Atau tanyakan apakah Anda bisa membawa makanan hewan sendiri. Cari informasi juga jadwal makan hewan kesayangan Anda.

Sebaiknya, tempat penitipan hewan peliharaan juga menyediakan dokter hewan yang bertugas. Lebih baik lagi, sebelum menitipkan Anda melihat bagaimana perlakuan mereka terhadap hewan yang dititipkan. Atau bawa hewan kesayangan Anda ke tempat tersebut agar terlebih dulu bisa mengenal tempat penitipannya.

Kondisi hewan peliharaan

Sebelum dititipkan, periksa kondisi hewan peliharaan Anda. Mulai dari kondisi kesehatan secara umum hingga spesifik seperti kondisi kuku dan gigi hewan peliharaan. Jadi, jika ada perubahan kondisi sebelum dan sesudah dititipkan, Anda bisa mengetahuinya. Lengkapi pula hewan kesayangan Anda dengan vaksin sebelum dititipkan. Umumnya, tempat penitipan hewan yang baik memiliki prosedur pengecekan kesehatan hewan sebelum dititipkan.

Keadaan darurat

Meski telah dirawat dengan baik, bukan tak mungkin hewan kesayangan Anda mengalami penurunan kondisi kesehatan. Masalah kesehatan yang bisa terjadi adalah hewan tak mau makan dan minum, sulit kencing, mengalami diare, dan lain-lain.

Untuk jaga-jaga bila hal tersebut terjadi, tanyakan prosedur pengobatan hewan kepada tempat penitipan tersebut. Tempat penitipan hewan yang baik, biasanya akan langsung menghubungi pemilik bila terjadi gangguan kesehatan pada hewan kesayangannya. Kemudian menanyakan kepada pemilik apakah bisa dilakukan pemeriksaan hewan kesayangan oleh dokter hewan, bila perlu. Sebaiknya Anda minta untuk selalu diberi tahu perkembangan kesehatan hewan Anda setelah dilakukan prosedur pemeriksaan oleh dokter hewan. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments