weekend-1

Puasa Bukan Halangan untuk Berwisata

Meski sedang berpuasa, bukan berarti Anda tak bisa liburan. Apalagi bulan puasa kali ini bertepatan dengan libur sekolah. Kasihan kalau si kecil diam saja di rumah. Tak perlu lama, liburan saat akhir pekan sudah cukup menyenangkan. Lakukan persiapan yang tepat agar liburan Anda tidak membatalkan puasa, atau malah berantakan.

Setelah Anda sekeluarga memutuskan tujuan wisata, baru Anda lakukan persiapan. Karena apa yang Anda bawa, tergantung pada destinasi liburan Anda. Walaupun sedang berpuasa, sebaiknya Anda tetap menyiapkan bekal makanan dan minuman.

Wisata di dataran tinggi

Bagi warga Bintaro dan sekitarnya, Puncak masih menjadi pilihan liburan. Karena inilah daerah dataran tinggi terdekat dari Bintaro. Udaranya yang sejuk dan banyaknya lokasi wisata di sekitar Puncak, seperti Cimory, Taman Safari, dan lain-lain, membuat Puncak tetap digemari. Terutama untuk liburan singkat.

Dataran tinggi lain yang juga asyik dikunjungi adalah Dataran Tinggi Dieng, atau kawasan Batu-Malang. Namun keduanya memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk liburan.

Apapun pilihan Anda, waspadai risiko dehidrasi. Terutama ketika Anda sedang berpuasa. Karena meski anginnya relatif sejuk, matahari dapat bersinar terik di sana. Lebih baik saat siang hari, Anda berteduh dulu di rumah. Baru ketika sore, Anda bisa ngabuburit dengan berjalan-jalan di daerah sekitar.

Jangan lupa, oleskan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UV. Anda juga perlu mengoleskan pelembap bibir. Cuaca yang dingin umumnya membuat bibir mudah pecah-pecah. Siapkan busana yang dapat menghangatkan tubuh dan baju yang menyerap keringat. Bawa pula topi atau payung.

Jika Anda berniat untuk menginap di vila, sebaiknya siapkan perbekalan makanan dan minuman secukupnya. Terkadang, lokasi vila cukup jauh dari pusat kuliner. Anda perlu mempertimbangkan jumlah stok makanan untuk sahur dan berbuka puasa di vila bagi seluruh anggota keluarga. Bawa yang praktis, misalnya baso atau makanan beku.

Wisata rohani

Berkunjung ke sejumlah lokasi wisata rohani seperti masjid kuno dan makam para sunan bisa menyita energi. Ada baiknya Anda mengetahui kondisi lokasi tujuan wisata. Misalnya, jika wisata rohani seperti makam sunan dipadati pengunjung pada sore hari, pilih waktu wisata pada pagi hari. Suasana yang terlalu ramai dan berdesak-desakan bisa membuat rasa tak nyaman gerah, dan rasa haus lebih cepat terasa.

Cermati juga ketentuan berpakaian di lokasi wisata rohani dan taatilah peraturan di dalamnya. Jika destinasi wisata rohani yang Anda kunjungi adalah masjid bersejarah, usahakan agar aktivitas wisata tidak mengganggu kegiatan ibadah di masjid. Anda juga bisa mengunjungi masjid saat mendekati waktu berbuka, sekalian menjalankan sholat magrib hingga tarawih di sana.

Wisata belanja

Lokasi wisata seperti pusat perbelanjaan dengan pendingin udara atau AC membuat rasa gerah hampir tidak terasa saat puasa. Namun, kenyamanan yang ditawarkan bisa membuat kita lupa, udara dari AC bisa membuat kulit cenderung kering. Untuk itu, pastikan Anda telah mengaplikasikan pelembap sebelum bepergian. Untuk ruangan ber-AC sebaiknya Anda memilih body butter agar kulit tidak kering.

Pilih alas kaki yang nyaman. Seringkali aktivitas belanja membuat jalannya waktu tidak terasa. Tahu-tahu, kaki sudah terasa pegal. Jika merasa lelah, sediakan waktu untuk istirahat. Jangan lupa, sekitar satu jam sebelum waktu berbuka puasa, pastikan Anda telah menempati lokasi untuk berbuka puasa, baik itu restoran ataupun kafe. Anda bisa melakukan reservasi sebelumnya. Jika tidak kebagian lokasi, siapkan takjil sederhana. Misalnya, sebotol air minum.

Dalam perjalanan

Jangan lupa, perhitungkan pula kondisi perjalanan menuju atau dari destinasi wisata. Jika perjalanan panjang sangat jauh dan diwarnai kemacetan, siapkan makanan dan minuman jika sewaktu-waktu Anda dan keluarga terpaksa harus berbuka puasa di jalan. Jika tidak sempat atau bekal kurang, pastikan Anda telah mengetahui lokasi pusat kuliner di jalur yang dilewati agar bisa berhenti sejenak untuk berbuka puasa. Siapkanlah permainan jika Anda membawa anak-anak agar mereka tidak bosan di sepanjang perjalanan. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments