foto1506

Membuat Lantai Kayu Tetap Cantik

Dari dulu hingga sekarang, lantai kayu tak pernah pudar pesonanya. Lantai kayu mampu memberikan kesan hangat, akrab, dan ramah pada sebuah ruangan. Itulah sebabnya, meski perawatannya sedikit memerlukan usaha, kayu masih sering jadi pilihan bahan untuk lantai.

Daya pikat lantai kayu juga terletak pada gurat-gurat kayu yang memberikan motif alami pada lantai. Guratan motif tersebut menebarkan aura eksotis dalam hunian. Warnanya pun bervariasi, dari cokelat muda hingga cokelat gelap, tanpa harus dicat. Kesemuanya ini membuat lantai kayu sangat pas untuk menampilkan kesan natural.

Namun penanganan lantai kayu memang berbeda dengan lantai ubin atau keramik. Lantai kayu tidak bisa dipel dengan air. Alasannya sederhana, air adalah musuh utama kayu. Air bisa merembes ke dalam lantai kayu dan membuat lantai kayu lembap. Saat lantai kayu lembap, beragam risiko bermunculan. Misalnya, jamur, rayap, hingga lantai kayu yang melapuk. Jadi, bagaimana cara merawat dan membersihkan lantai kayu?

Minim cairan

Untuk perawatan sehari-hari, cukup sapu lantai kayu. Akan tetapi, pilih sapu yang bukan terbuat dari ijuk, melainkan sapu yang terbuat dari bahan lembut yang mampu menyerap debu tanpa meninggalkan goresan. Jika lantai kayu ketumpahan cairan, segeralah membersihkannya dengan lap bersih dan kering. Ulangi beberapa kali pengelapan hingga benar-benar bersih.

Di pasaran memang dijual beberapa produk khusus untuk merawat kayu, termasuk lantai kayu. Namun, Anda perlu mencermati kandungan di dalamnya. Pastikan tidak ada bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam produk khusus pembersih dan perawat lantai kayu tersebut.

Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan lap basah untuk membersihkan lantai kayu. Akan tetapi, pastikan lap basah tersebut telah diperas terlebih dulu sehingga kandungan airnya minim. Pastikan juga sirkulasi udara dan cuaca tengah terik sehingga proses pengeringan lantai lebih cepat.

Bahan alami

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang lebih alami dan ramah lingkungan.Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa menemukan bahan-bahan alami pembersih lantai kayu ini di rumah. Pertama adalah minyak zaitun. Minyak zaitun telah lama dikenal fungsinya untuk membersihkan kotoran, termasuk pada lantai kayu. Namun hati-hati, pemakaian minyak zaitun berlebihan bisa membuat lantai menjadi licin.

Jadi, perhatikan baik-baik jumlah minyak zaitun yang digunakan dan jangan lupa untuk mengulangi pengelapan lantai kayu. Siasat lainnya adalah mencampurkan minyak zaitun dengan cuka untuk membersihkan noda membandel secara lebih efektif.

Anda juga bisa menggunakan air teh. Cara pembersihannya mirip dengan pembersihan dengan air. Namun, bilaslah lantai dengan lap basah yang sudah diperas agar lantai bersih maksimal.

Agar lantai kayu lebih awet lagi, berikan finishing atau lapisan coating yang menjaga agar lantai kayu tetap awet, kuat, warna tahan lama, dan bersifat antirayap. Perhatikan juga masalah pemuaian dan penyusutan kayu. Jika lantai kayu menunjukkan tanda-tanda merenggang, segera benahi dengan memberi semacam filler atau pengeleman ulang agar lantai kayu tak lagi merenggang. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments