foto1306

Kerja Lembur Saat Puasa, Siapa Takut?

Idealnya, selama bulan puasa ritme kerja sedikit diturunkan, dan ritme spiritual ditingkatkan. Tetapi kenyataan tak selalu ideal. Kadang sesekali Anda tak bisa berkelit dari tugas lembur. Jika ini yang terjadi, Anda harus punya jurus jitu agar stamina tetap terjaga selama bekerja ekstra.

Bukan hanya stamina yang harus Anda jaga, semangat kerja juga wajib Anda pelihara. Jangan sampai, ektra waktu kerja Anda terbuang sia-sia karena Anda tak bisa fokus dalam bekerja. Alhasil, pekerjaan Anda tak optimal.

Inilah beberapa jurus yang bisa Anda latih agar siap “bertempur” saat lembur.

  1. Tekankan pada diri sendiri, bahwa bekerja juga ibadah.
    Ibadah bisa menjadi motivasi Anda agar tetap semangat dan fokus dalam bekerja. Apalagi bila pekerjaan Anda mendatangkan manfaat bagi orang banyak. Merasa berguna atau bermanfaat bisa menepis rasa lelah Anda.
  2. Perhatikan asupan saat berbuka, malamhari, dan sahur.
    Makanan sehat dengan gizi yang seimbang harus ada dalam menu berbuka dan sahur Anda. Selain itu, isi kembali energi Anda saat lembur dengan camilan yang sehat, seperti buah-buahan, yogurt, atau sereal. Saat malam sebaiknya Anda menghindari makanan yang manis, digoreng, atau makanan berkarbohidrat tinggi. Batasi pula pengonsumsianmakanan dengan rasa yang kuat (asam, pedas, dan bersantan).
  3. Perbanyak minum air putih.
    Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Untuk itu, usahakan Anda tetap menjaga pola minum sehat sebanyak 8 gelas air di sepanjang waktu berbuka hingga sahur agar terhindar dari dehidrasi. Meski rasanya Anda tak bisa berpikir tanpa kopi, sebaiknya batasi pengonsumsian minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Minuman tersebut bersifat diuretik yang bisa membuat Anda sering ke kamar kecil.Akibatnya, Anda berisiko tinggi terkena dehidrasi saat puasa.
  4. Jaga kebugaran tubuh.
    Anda memang tidak disarankan untuk berolahraga berat ketika berpuasa karena energi Anda tak semaksimal hari biasa. Anda pun berisiko terkena dehidrasi karena keluarnya keringat yang banyak. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan sesering mungkin berjalan kaki atau melakukan gerakan senam ringan agar kebugaran tubuh Anda terjaga dan tidak mudah lelah.Anda juga bisa melakukan olahraga ringan menjelang buka puasa agar dapat langsung minum setelah berkeringat.
  5. Bijaklah berbicara.
    Apa hubungannya dengan pekerjaan? Banyak. Terlalu banyak bergosip selain tidak disarankan saat puasa karena akan menurunkan nilai puasa, juga bisa mengganggu pekerjaan Anda. Terutama bila Anda harus lembur. Lebih baik bicara seperlunya, lalu fokuskan pikiran pada pekerjaan agar tugas Anda cepat selesai. Anda pun bisa lekas pulang.
  6. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik.
    Meskipun lembur, Anda tentu memiliki waktu-waktu jeda yang bisa dimanfaatkan. Misalnya ketika jam istirahat. Untuk itu, cobalah untuk memanfaatkan momen dengan baik. Anda bisa mencoba untuk tidur singkat 10-15 menit apabila memang sangat mengantuk. Atau mengalihkan perhatian sejenak dari pekerjaan dan sedikit menggerakkan badan, misalnya jalan-jalan santai atau melakukan peregangan ringan di sekitar meja kerja.[KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments