foto0906

Kulit Sehat Tanpa Repot

Kulit yang sehat tak selalu harus yang putih mulus seperti bintang Korea. Kulit tanpa penyakit sudah bisa dibilang sehat. Penyakit kulit banyak ragam dan penyebabnya. Namun ada beberapa penyakit kulit yang memang mudah menghinggapi orang yang tinggal di daerah tropis. Tapi jangan khawatir, mencegahnya tak ribet, kok.

Meskipun demikian, penyakit kulit spesifik kadang-kadang memerlukan penanganan yang tak sama. Ini yang perlu dicermati. Berikut ini adalah beberapa penyakit kulit yang umum terjadi dan cara menanganinya.

Jerawat

Penyebabnya beragam. Mulai dari jenis kulit yang cenderung berminyak, kotoran yang menyumbat pori-pori, atau hormon. Anggapan jerawat hanya menyerang remaja juga kurang tepat. Pada kenyataannya, jerawat bisa menyerang laki-laki dan perempuan dari berbagai kelompok usia. Cara menanganinya bisa dengan membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Kelolalah stres dengan baik. Jika jerawat bermunculan, segera tangani dan hindari membiarkannya berlama-lama agar tidak menjadi radang. Hindari pula memencet-mencet jerawat, karena tangan yang kotor bisa membuat jerawat tambah parah.

Panu

Ciri panu adalah muncul bercak putih pada kulit. Sepintas mirip bruntusan tetapi berwarna putih dan bisa menyebar. Panu juga bisa muncul di berbagai bagian kulit. Infeksi akibat jamur ini juga mudah menular. Penularannya bisa melalui handuk atau pakaian yang dikenakan bergantian. Terkadang, gejala panu diikuti dengan rasa gatal tetapi jika digaruk, panu bisa menyebar. Cara pencegahannya bisa dengan mengganti handuk, kerap mencuci pakaian, menghindari pemakaian busana yang sama berulang kali.

Tanganilah dengan krim atau salep kulit khusus untuk menghilangkan panu. Mandilah secara teratur dua kali sehari. Jika Anda terkena panu, hindari kontak langsung dengan orang lain. Sebaliknya, segera bersihkan diri jika Anda berkontak kulit langsung dengan orang yang mengalami panu.

Kudis

Penyebab umumnya adalah serangan tungau atau kutu. Kudis membuat kulit mengalami bercak kemerahan. Penularannya juga dengan kontak langsung atau melalui pakaian. Kudis ditandai dengan rasa gatal di kulit. Lalu, muncul benjolan kecil seperti kulit melepuh. Gejala ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Segera tangani kulit yang terkena kudis dengan obat khusus.

Agar tidak menjalar, segera bersihkan seluruh isi kamar dan cucilah pakaian hingga bersih. Pastikan pakaian dan perlengkapan tidur dicuci dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Hindari kebiasaan menumpuk barang yang tidak dipakai agar tidak menjadi sarang kutu atau tungau.

Asalkan tubuh, wajah, dan lingkungan sekitar Anda bersih, kulit Anda juga akan sehat. Jangan lupa, konsumsi makanan yang bernutrisi. Karena, seperti bagian tubuh lain, kulit juga memerlukan nutrisi, seperti vitamin A, B, C, D, dan K. Nah, tak repot, kan, menjaga kesehatan kulit. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments