foto0806

Agar Pagar Kayu Selalu Ayu

Tinggal di kawasan Bintaro yang relatif masih asri, memang cocok menggunakan kayu sebagai elemen utama rumah. Termasuk menggunakan kayu sebagai pagar. Jajaran bilah-bilah kayu yang memagari bagian depan halaman rumah akan memberi kesan alami, menyatu dengan alam. Namun,  pagar dari kayu bisa jadi tidak seawet pagar logam atau pagar dari tembok.

Jika Anda terlanjur jatuh hati dengan pagar kayu, Anda harus menaklukkan tiga tantangan agar pagar kayu tetap cantik untuk waktu yang lama. Tantangan tersebut adalah jamur, rayap, dan warna yang mengusam. Perlu trik tersendiri agar ketiga hal ini tidak menggerogoti pagar kebanggaan Anda.

Jamur

Tinggal di Indonesia dengan kondisi iklim yang bercurah hujan dan kelembapan tinggi memungkinkan benda-benda yang terbuat dari kayu lebih mudah terserang jamur. Pagar kayu tanpa jamur terasa hampir mustahil. Namun, ada cara untuk mengantisipasinya.

Anda perlu mengaplikasikan bahan pelapis antijamur pada bagian pagar kayu. Atau pilih cat kayu yang mengandung bahan antijamur. Jika cat atau finishing ini mulai memudar, sebaiknya ulangi pengecatan atau pelapisan antijamur. Jangan tunggu hingga kondisi kayu menjadi terlalu lembap atau rusak agar serangan jamur tidak bertambah parah.

Rayap

Bukan rahasia lagi rayap adalah musuh semua kayu, termasuk kayu pagar rumah. Terlebih lagi, tanah di kawasan Bintaro umumnya menjadi tempat tinggal favorit rayap. Risiko pagar kena rayap bisa lebih besar jika pagar kayu langsung tertancap dalam tanah, mengingat tanah adalah sumber rayap. Namun, menyingkirkan pagar dari tanah juga akan sulit dilakukan. Anda bisa menyiasatinya dengan membangun fondasi pagar dari semen atau beton sebelum mengaplikasikan pagar kayu untuk meminimalkan serangan rayap.

Untuk mencegah serangan rayap, tidak ada cara lain kecuali melapisi kayu pagar dengan zat antirayap. Cermatilah kondisi pagar kayu. Jika lapisan antirayap menipis, itu artinya lapisan antirayap perlu ditambah. Perbaiki atau gantilah pagar kayu yang sudah terserang rayap agar tidak menjalar ke bagian-bagian lain.

Warna kusam

Panas terik dan hujan yang berganti dalam kurun waktu selama setahun bisa membuat tampilan pagar kayu menjadi kusam. Terkecuali Anda penggemar nuansa vintage, sebaiknya berikan perhatian khusus pada masalah ini. Tampilan pagar kayu yang kusam bisa memperburuk tampilan rumah Anda.

Menangani warna kusam pada pagar kayu ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memberikan cat pelapis pelindung kayu khusus dari pengaruh cuaca. Cara lainnya adalah dengan melakukan pengecatan ulang pada pagar kayu.

Untuk meminimalisir serangan tiga hal di atas, Anda juga bisa mengantisipasinya dengan memilih jenis kayu yang tepat. Misalnya, kayu merbau, jati, damar laut, bengkirai, atau bambu. Tiap jenis kayu memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Kenalilah jenis kayu yang Anda pilih dan pahamilah penanganan  serta perawatannya. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments