foto0406

Ngabuburit Religius Tak Kalah Seru

Jalan-jalan memang pas untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa. Selain jalan-jalan di mal, bagaimana kalau Anda sesekali jalan-jalan ke beberapa masjid yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Resapi aura religius yang ada di tempat ibadah tersebut, sambil belajar banyak tentang sejarah Islam dan perkembangannya di Indonesia.

Anda juga tak perlu khawatir tentang menu buka puasa. Umumnya setiap masjid menyediakan makanan berbuka puasa. Meski sederhana, namun cukup untuk meningkatkan rasa syukur Anda.

Berikut beberapa masjid yang bisa menjadi alternatif wisata religi di Jakarta dan sekitarnya yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1/ Masjid Istiqlal

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini memiliki arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Pembangunan masjid ini diprakarsai Presiden pertama RI, Ir. Soekarno dan sampai saat ini menjadi masjid Negara Republik Indonesia.

2/ Masjid Sunda Kelapa

Masjid ini terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini tak memiliki kubah, bedug, bintang-bulan, dan simbol-simbol yang lazim ada di dalam masjid. Bentuk masjid ini mirip perahu, mungkin sebagai lambang keberadaan pelabuhan Sunda Kelapa tempat para saudagar muslim berdagang dan menyebarkan syariat Islam di masa lalu.

3/ Masjid At-Tin

Masjid yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini memiliki dasar bentuk kubus dengan empat menara kecil beratap kubah di setiap sudut. Menara utama setinggi 42 meter sebagai tempat siaran suara adzan dan terpisah dari bangunan utama.

4/ Masjid Agung Al Azhar

Masjid ini berada di kompleks perguruan Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel. Bangunan masjid ini merupakan perpaduan gaya arsitektur Saudi Arabia dan Mesir.

5/ Masjid Agung Al-Munada Darussalam Baiturrahman (biasa disebut Masjid Perahu).

Seperti namanya, masjid yang berlokasi di Jalan Casablanca, Jaksel, ini memiliki bangunan berbentuk perahu yang digunakan sebagai tempat berwudhu. Bentuk perahu ini melambangkan kisah bahtera Nabi Nuh dan sebagai pembelajaran bagi kaum muslimin.

6/ Masjid Kubah Emas

Masjid yang berlokasi di Jl.Raya Maruyung, Lomo, Kota Depok ini sebenarnya bernama Masjid Dian Al-Mahri. Karena ciri khasnya, masjid kubah emas ini menjadi masjid Indonesia yang tercatat dalam 10 masjid paling mengagumkan menurut Lonely Planet.

7/ Masjid Cut Mutia

Masjid tertua dikawasan Menteng ini memiliki arsitektur bergaya art nouveau dan tidak tampak seperti sebuah masjid. Sebelumnya masjid ini digunakan sebagai kantor Jawatan Kereta Api Belanda pada masa kolonial, dan kantor Kompetai Angkatan Laut pada masa penjajahan Jepang.

8/ Masjid Luar Batang

Masjid ini termasuk masjid yang dianggap keramat karena di dalamnya terdapat makam Sayid Husein bin Abubakar Alaydrus. Banyak umat Muslim yang berziarah ke masjid ini.

9/ Masjid Kebon Jeruk

Masjid ini kini termasuk dalam cagar budaya dan dilindungi oleh pemerintah. Di halaman masjid ini terdapat makam Fatimah Hwu dengan nisan berbentuk naga, bertulisan China dan bertanggal huruf Arab.

10/ Masjid Bandengan

Masjid Bandengan atau Masjid Kampung Baru ini terletak di Kel. Pekojan, Kec. Tambora, Jakbar. Masjid ini merupakan masjid pertama yang didirikan bagi para warga Tiongkok peranakan di Jakarta.

11/ Masjid Angke

Masjid yang bernama Masjid Al Anwar ini memiliki arsitektur gaya Banten dan Tiongkok. Gaya Banten terlihat pada jendela dan mimbar masjid. Sementara gaya Tiongkok terlihat pada desain pintu masuk, atap bersusun dua dengan ujungnya yang menyerupai Klenteng

12/ Masjid Ramlie Musofa

Masjid megah yang mirip dengan arsitektur Taj Mahal ini berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Masjid ini dibangun dengan perpaduan budaya Tiongkok, Indonesia, dan India.

13/ Masjid Lautze

Masjid unik beraksitektur Tionghoa ini sekilas terlihat berbentuk seperti vihara. Masjid ini merupakan tempat ibadah etnis Tionghoa muslim yang berada di kawasan Pasar Baru. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments