foto0306

Puasa Tanpa Lemas Berkat Makanan Tepat

Meski sedang berpuasa Anda tak perlu kehilangan tenaga. Apalagi terlihat lemas dan lesu. Anda bisa tetap energik dengan mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur dan berbuka puasa.

Memang ini sepertinya lagu lama. Mungkin Anda pun sudah bosan mendengar saran makan ini dan itu. Tetapi suka atau tidak, selain niat kuat, makanan saat sahur dan buka memegang kunci penting dalam menentukan bagaimana Anda menjalani aktivitas seharian.

Nutrisi dalam makananlah yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Jika Anda hanya memikirkan kelezatan makanan saja, tanpa mempertimbangkan kandungan nutrisi, yang senang hanya lidah Anda saja. Jantung, otot, usus, dan setiap bagian lain dalam tubuh yang mendukung aktivitas Anda tidak mendapat bagian. Nah, terbayangkan kan, bagaimana kalau mereka nanti ngambek?

Untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang bagi tubuh selama puasa sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu memilih makanan yang tepat saat berbuka dan sahur. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Buah-buahan

Konsumsilah buah-buahan saat berbuka puasa dan sahur. Buah dikenal kaya akan vitamin (terutama vitamin A, C, dan E) dan antioksidan penting yang diperlukan tubuh. Tak perlu mahal, Anda bisa memilih buah lokal yang tak kalah sedap. Sebutlah, mangga, jeruk medan, pepaya, dan semangga. Semangkuk sop buah saat berbuka puasa dan sahur dapat menambah kandungan air dan serat yang baik untuk pencernaan.

Sayuran

Hampir semua jenis sayuran dikenal kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan beragam mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, dan fosfor. Seimbangkan konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi, dengan sayuran berwarna lain, misalnya wortel, paprika, kembang kol. Anda bisa mengolah berbagai sayuran tersebut menjadi hidangan yang lezat untuk menu berbuka dan sahur setiap hari, agar kandungan gizi sayur yang terserap tubuh juga lebih beragam.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Jenis biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji bunga matahari, kacang mete, kacang tanah, biji labu, almond, dan lainnya, juga sangat baik untuk sering dikonsumsi. Biji-bijian dan kacang-kacangan telah lama kondang sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh.

Telur ayam

Banyak ahli kesehatan yang menyatakan pentingnya konsumsi telur terutama ketika sahur. Sajian yang disarankan adalah telur yang direbus saja dan bukan digoreng. Telur mengandung protein tinggi, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Bila Anda khawatir terhadap kandungan lemak dan kolesterol pada telur, Anda bisa menyingkirkan bagian kuningnya. Namun, bagian kuning telur ini sebenarnya mengandung vitamin A yang cukup tinggi.

Beras merah

Sebagai sumber karbohidrat, nasi dibutuhkan sebagai sumber energi. Beras putih merupakan jenis beras yang sangat umum digunakan sebagai sumber karbohidrat utama. Namun, para ahli gizi dan ahli diet banyak merekomendasikan nasi merah karena termasuk karbohidrat kompleks yang berserat tinggi, tidak seketika menaikkan kadar gula darah sehingga Anda tidak cepat lemas. Selain itu, beras merah mengandung serat lebih tinggi sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments