foto3005

Hilangkan Gundah Saat Berpindah

Dipindahtugaskan ke luar kota atau ke luar negeri bisa membawa rasa senang dan sedih sekaligus. Senang, karena bisa mendapatkan pengalaman baru, tantangan baru, dan mungkin saja pemasukan yang lebih besar. Sedih, karena harus meninggalkan teman, keluarga besar, dan rekan kerja.

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, persoalan bertambah karena perlu memikirkan lokasi sekolah baru untuk anak-anak di tempat baru. Belum lagi masalah adaptasi dengan lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Agar pindah tugas ke luar kota dan ke luar negeri tak jadi beban, lakukan persiapan sebaik mungkin.

Barang dan perlengkapan

Datalah barang-barang yang akan dibawa ke domisili baru. Tidak mungkin semua barang bisa diangkut, lebih-lebih jika Anda dipindahtugaskan ke luar negeri. Pilihlah barang-barang yang benar-benar prioritas dan seleksilah benda-benda terpenting untuk dibawa. Pakaian dan gawai sudah pasti. Jangan lupa, masukkan dokumen-dokumen pribadi, lebih dulu fotokopi semua dokumen dan simpan dalam bentuk file untuk antisipasi agar jika tanpa diduga hilang, Anda masih memiliki dokumen cadangan.

Peralatan dapur jika terlalu berat, lebih baik juallah terlebih dulu di domisili lama. Anda bisa membeli peralatan dapur di lokasi baru. Begitu pula dengan peralatan elektronik seperti televisi, lemari es, dan mesin cuci. Pertimbangkan ulang jika Anda tetap ingin membawa peralatan elektronik padahal lokasi domisili baru ada di luar pulau atau luar negeri.

Urusan administrasi

Ini juga tak boleh dilupakan. Anda perlu menyelesaikan urusan administrasi kependudukan jika ingin berpindah domisili, apalagi jika Anda akan berdomisili di luar negeri dengan status masih warga negara Indonesia. Ketahuilah surat-surat dan dokumen yang diperlukan untuk perpindahan domisili.

Jika Anda ingin memindahkan lokasi anak sekolah, selesaikan urusan administrasi sekolah lebih dulu. Jangan lupa, pastikan anak telah diterima di sekolah baru di sekitar area tempat tinggal yang baru. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan ketika anak memasuki sekolah baru di tengah tahun ajaran.

Kenali daerah

Pastikan Anda telah menggali informasi lebih dalam tentang daerah yang dituju sebagai lokasi kerja baru. Misalnya, mulai dari kondisi air, topografi tanah, suhu udara, iklim, budaya, adat istiadat, hingga kenyamanan lokasi tujuan, tidak hanya sebagai tempat bekerja tetapi juga tempat tinggal.

Bekali diri dengan pengetahuan tentang gambaran umum lokasi. Contohnya, lokasi kantor baru dengan tempat tinggal baru dan cara mengaksesnya atau lokasi-lokasi fasilitas publik seperti stasiun, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Pengenalan akan daerah ini akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi di daerah yang menjadi tempat kerja baru.

Area kerja

Bekerja di tempat baru, meskipun masih bernaung di perusahaan yang sama, tetap memerlukan adaptasi. Lingkungan kerja yang berbeda dan rekan kerja yang tidak sama adalah wajar. Agar bisa bekerja dengan nyaman, Anda pun perlu menyesuaikan diri dengan ritme kerja, gaya pergaulan di kantor, serta pemahaman pada tugas sendiri. Pahami dan kuasai, maka Anda pun akan lebih mudah beradaptasi. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments