foto2905

Cerdas Siapkan Dana Pensiun

Anda berpikir pensiun masih lama? Bagus, itu berarti dana pensiun bisa dipersiapkan jauh-jauh hari. Masih ada kesempatan bagi Anda untuk memilih bagaimana cara mempersiapkan dana pensiun. Namun, apapun cara yang akan Anda pilih, lakukan mulai sekarang. Tak ada tawar menawar. Supaya Anda berdua bisa menikmati masa tua dengan santai, seperti di pantai.

Tapi “santai” bukan kata yang cocok ketika Anda memikirkan soal dana pensiun. Memang, sih, sebagian perusahaan atau institusi pemerintahan telah menyiapkan dana pensiun untuk para pekerja atau karyawannya. Namun, nilai uang tersebut belum tentu mencukupi kebutuhan Anda kelak.

Dana pensiun dari perusahaan atau institusi bisa jadi terasa besar untuk saat ini. Akan tetapi, ingatlah nilai uang akan terus-menerus menurun seiring dengan inflasi. Jika saat ini umur Anda 30 tahun, dana pensiun Rp 500 juta sangat mungkin terasa kecil ketika Anda pensiun 25 tahun kemudian. Jadi, lebih baik siapkan dana pensiun sejak dini. Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Sumber penghasilan

Bila Anda hanya mengandalkan satu pemasukan dari gaji bulanan dan hasilnya terkesan pas-pasan, coba pikirkan lagi. Agar memiliki dana lebih untuk dana pensiun, Anda bisa mencari alternatif dengan mencari pekerjaan sampingan atau beralih pekerjaan. Dari pekerjaan baru atau pekerjaan sampingan ini, pemasukan bisa bertambah dan tersedia dana lebih untuk dana pensiun. Tentukan besaran yang tetap setiap bulannya yang disisihkan sebagai dana pensiun.

Tabungan khusus

Tentu Anda telah memiliki tabungan. Namun, tabungan saat ini mungkin telah direncanakan untuk program tertentu. Contohnya, membeli rumah, mobil baru, menyekolahkan anak, atau dana darurat. Untuk dana pensiun ini, sebaiknya pisahkan dengan tabungan biasa. Anda bisa membuka rekening baru di bank berbeda atau bank yang sama. Atau jika tidak ingin dipusingkan dengan transfer setiap bulannya, pilih jenis tabungan yang berjangka. Jika bank memiliki program dana pensiun, Anda pun bisa ikut di dalamnya. Jangan lupa, pelajari lebih dulu penawaran dari bank dan bandingkan antara satu bank dengan bank lainnya.

Investasi

Jenis investasi untuk dana pensiun pun sebaiknya dipisahkan juga dengan investasi biasa. Investasi jangka pendek atau kurang dari satu tahun bisa berupa emas. Untuk investasi jangka menengah atau 3-5 tahun, Anda bisa memilih properti seperti tanah, rumah, dan apartemen. Sementara itu, untuk investasi jangka panjang, pilihannya bisa berupa properti dan reksadana atau saham. Banyak pakar keuangan menyarankan untuk investasi berupa saham atau reksadana karena –meskipun mengalami fluktuasi- nilainya terus naik dari waktu ke waktu dan ideal sebagai investasi untuk hari tua.

Ketiga cara di atas bisa Anda terapkan. Namun, ingatlah untuk selalu menjaga gaya hidup. Usahakan Anda menerapkan gaya hidup yang lebih rendah dibandingkan pemasukan setiap bulannya. Dengan begitu, akan tersisa dana yang lebih banyak dan bisa dikelola sebagai investasi atau tabungan hari tua. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments