foto2605

Menu Sahur yang Bikin Tubuh Energik Seharian

Saat puasa kita memang tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Tapi bukan berarti Anda harus terlihat loyo dan lesu. Bila Anda makan dengan pola yang benar, tubuh Anda bisa tetap berenergi seharian. Tak kalah dengan teman Anda yang tak puasa.

Kuncinya, pilih makanan yang bisa menyediakan energi cukup lama. Rasa lemas, letih, atau mengantuk umumnya terjadi karena kadar gula naik dengan cepat, lalu turun dengan cepat pula.

Beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi yang lambat dicerna oleh tubuh, sehingga kadar gula dalam tubuh tetap terkontrol. Cadangan energi pun akan selalu tersedia untuk tubuh Anda.

Gizi seimbang

Pada prinsipnya, para ahli gizi menyarankan, menu sahur tetap harus memperhatikan prinsip gizi seimbang. Gizi seimbang artinya mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. Tidak hanya jumlah porsinya saja yang diperhatikan, tetapi juga dari jenis makanan dan minumannya.

Sumber karbohidrat tetap diperlukan sebagai sajian utama sahur. Namun sebaiknya hindari nasi putih karena efek kenyangnya cepat hilang. Sebagai gantinya, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasi hitam, talas, ubi-ubian, dan singkong. Sumber karbohidrat tersebut juga dikenal berserat tinggi sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Nutrisi yang juga harus selalu tersedia adalah protein. Makanan yang mengandung protein bisa menjadi cadangan energi. Protein juga membuat perut terasa kenyang. Sumber protein terbaik adalah ikan dan telur. Ikan bisa digoreng atau lebih baik ikan yang direbus atau dikukus. Begitu juga dengan telur, sebaiknya direbus saja. Namun untuk meningkatkan selera makan, telur bisa divariasikan menjadi omelet atau orak-arik dengan menambahkan keju. Keju juga merupakan sumber protein yang baik. Anda pun bisa memilih ayam bagian dada yang minim kandungan lemak sehingga tidak memberatkan metabolisme.

Jangan lupakan pula berbagai jenis sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang. Sayuran sebaiknya menempati setengah porsi piring Anda. Sayuran kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Sehingga selain memberi rasa kenyang, juga mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Sebagai menu santap sahur, sayuran bisa diolah sebagai lalapan, direbus, dikukus, atau ditumis.

Selanjutnya, yang sebisa mungkin tidak boleh ketinggalan adalah konsumsi buah-buahan. Serat yang terkandung dalam buah tidak mudah dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Sehingga perasaan kenyang yang ditimbulkan juga semakin lama. Buah-buahan yang disarankan untuk sahur adalah pisang, apel, dan pir.

Pola makan  yang baik ini sebaiknya Anda terapkan tak hanya saat sahur, tapi juga saat berbuka. Kalap saat buka juga dapat membuat Anda jadi cepat lesu. Dan memengaruhi kondisi tubuh selama sebulan penuh beribadah puasa. Di atas semuanya, kekuatan niat untuk beribadah puasa sehari penuh adalah yang terpenting. Selamat menyambut Bulan Ramadhan! [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments