foto2205-beli rumah

Wujudkan Mimpi Miliki Rumah Idaman

Bagi beberapa orang, membeli rumah masih merupakan mimpi. Namun namanya mimpi, tetap bisa jadi nyata. Dengan strategi yang tepat, rumah impian bisa di tangan.

Memang, harga rumah atau tanah relatif tinggi. Kadang tidak sebanding dengan meningkatnya penghasilan. Namun, jika tidak segera membeli rumah atau ditunda-tunda, harga rumah bisa kian melejit tahun berikutnya. Apalagi jika rumah berada di lokasi yang strategis dan berada di wilayah yang sedang berkembang dengan pesat, seperti daerah sekitar Bintaro ini.

Semakin ditunda, semakin jauh impian melayang. Agar kunci rumah idaman segera ada dalam genggaman, siapkan strategi yang tepat. Anda bisa memulainya dengan beberapa langkah.

1/ Tentukan tipe dan jenis rumah beserta harga dan lokasinya. Anda perlu menetapkan tujuan ketika memutuskan untuk membeli rumah. Dengan mengetahui harga dan tipe rumah, Anda pun bisa memperhitungkan jumlah tabungan untuk membeli rumah.

2/ Menabung atau berinvestasi. Umumnya, dana untuk pembelian rumah didapat dari tabungan atau investasi. Jika Anda telah mengetahui besaran nilai uang untuk membeli rumah, siapkan dana paling tidak untuk uang muka pembelian rumah dan biaya-biaya lainnya. Cobalah menabung dengan target nilai tertentu dan disiplinkan diri untuk menabung. Jangan lupa, sisihkan dana dari penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan.

3/ Ketatkan pengeluaran atau berhemat. Sebaiknya, susun laporan keuangan bulanan dengan memasukkan komponen seperti pemasukan, pengeluaran, dan kebutuhan tidak terduga. Perinci pengeluaran menjadi pengeluaran wajib, pengeluaran bulanan, pengeluaran pribadi, dan pengeluaran tidak terduga. Pangkas pengeluaran yang kurang penting atau bukan prioritas. Alihkan dana yang tidak digunakan ini untuk menambah jumlah tabungan pembelian rumah atau pembayaran cicilan rumah.

4/ Lunasi hutang. Jika Anda mempunyai cicilan kendaraan atau cicilan elektronik dengan kartu kredit, sebaiknya segeralah melunasinya sebelum melakukan pembelian rumah. Tujuannya adalah agar pengeluaran dan pembiayaan per bulan tidak begitu memberatkan. Catatan kredit yang baik di Bank Indonesia juga akan mendorong Anda lebih mudah mendapatkan KPR.

5/ Ubah gaya hidup. Ini yang tidak boleh dilupakan. Jika ingin menabung dalam jumlah besar tetapi tidak diimbangi dengan upaya yang maksimal, hasilnya pun sama saja. Maksimalkan jumlah tabungan Anda dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana selama beberapa waktu. Bersabarlah untuk menjalani gaya hidup yang berbeda dari biasanya demi mendapatkan tabungan optimal.

Dalam pembayaran rumah, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Selain harga rumah, down payment (DP) atau uang muka, juga perlu Anda pertimbangkan. Anda perlu menyiapkan dana untuk uang muka terlebih dulu. Besaran uang muka untuk tiap rumah dengan jenis dan tipe tertentu dari pengembang berbeda bisa saja bervariasi. Semula, nilai uang muka rumah adalah sekitar 30%. Namun, seiring kebijakan Pemerintah dalam program perumahan untuk rakyat Indonesia, kini DP rumah bisa ditemukan mulai dari 10-15%.

Pertimbangan lainnya adalah metode pembayaran. Jika dana bukan masalah bagi Anda, pembelian rumah secara tunai bisa dilakukan. Namun, jika dana terbatas, pilihannya adalah membeli rumah dengan cara mencicil. Pihak yang biasa memberikan kredit untuk cicilan rumah antara lain pihak pengembang atau bank. Anda pun perlu memperhitungkan agar cicilan rumah setiap bulannya sesuai dengan kemampuan finansial Anda. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments