foto2105

Trik Tukar Mata Uang Asing yang Aman

Ketika memutuskan pelesir ke luar negeri, salah satu yang perlu Anda persiapkan adalah uang dalam bentuk mata uang negara tujuan. Sisihkan waktu untuk menukarkan uang sebelum berangkat. Ini bisa membuat perjalanan Anda nantinya lebih nyaman, karena bukan tak mungkin begitu sampai di negara tujuan, Anda memerlukan uang tersebut.

Menukarkan mata uang di negara tujuan memang lebih rumit. Pertama, kita tidak tahu lokasi penukaran mata uang. Kedua, nilai tukar mata uang asing di bandara biasanya lebih tinggi untuk pembelian mata uang setempat. Ketiga, bisa jadi ada biaya yang langsung diperlukan ketika tiba di bandara negara tujuan. Katakanlah Anda akan pergi ke Singapura. Untuk membeli tiket MRT, Anda memerlukan mata uang dollar Singapura begitu menginjakkan kaki di Bandara Changi.

Cermat

Di negara kita, lokasi penukaran mata uang cukup banyak. Selain bandara internasional, ada bank, hotel, dan money changer atau jasa penukaran mata uang. Jika tidak dalam kondisi sangat terpaksa, hindari menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang asing di bank, hotel, atau bandara karena pembelian mata uang asing nilainya bisa lebih tinggi dari kurs yang berlaku saat itu.

Lebih baik Anda menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang asing di money changer. Namun, memilih money changer pun sebaiknya jangan sembarang. Pilihlah money changer yang tepercaya, kredibel, dan melayani dengan jujur. Anda bisa mendapat informasi ini dari internet atau dari teman yang sering menukarkan uang. Jika perlu, bandingkan antara satu money changer dengan money changer lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik. Hal-hal lain yang harus Anda perhatikan:

Jumlah minimal penukaran. Ketika menukarkan uang di money changer lokal, perhatikan jumlah minimal nominal yang ditukarkan. Mungkin saja Anda bisa menukarkan uang kecil atau pecahan mata uang asing dalam bentuk intrisik kertas di money changer. Namun, bisa saja nilai tukarnya menjadi lebih rendah.

Hitung lagi. Hitunglah dengan teliti jumlah uang rupiah sebelum ditukarkan dan mata uang asing yang didapat setelah ditukarkan. Tentu Anda pernah mendengar tentang kasus kecurangan suatu money changer di Bali yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Kejadian semacam ini bisa terjadi pada siapa saja dan di negara mana pun. Untuk itu, hitung dengan teliti hasil penukaran mata uang Anda sebelum meninggalkan money changer.

Perhatikan uangnya. Hati-hati pula jika menukarkan mata uang di money changer negara  yang belum Anda kenal baik. Bisa saja terjadi kasus, mata uang asing yang didapatkan adalah mata uang yang sudah tidak berlaku lagi. Atau bisa juga mata uang yang didapat ternyata mata uang negara lain dan bukan negara tujuan Anda. Jika tidak awas, Anda bisa menjadi korban kelicikan money changer.

Sebenarnya, kemungkinan buruk ini bisa diantisipasi. Caranya antara lain dengan mencari informasi tentang money changer tepercaya di negara terkait. Lengkapi juga dengan informasi tentang tampilan mata uang di negara yang Anda tuju. Jangan sampai mata uang yang didapat ternyata mata uang asing dari negara yang berbeda.

Siapkan uang dollar Amerika. Meskipun telah mengantongi mata uang asing di negara tujuan, tetaplah menyiapkan uang dalam bentuk dollar Amerika. Jika uang saku dalam mata uang negara setempat habis, Anda bisa menukarkan uang dollar Amerika dengan mata uang negara tersebut. Uang dollar Amerika rata-rata mudah diterima di berbagai negara di dunia. Beda dengan mata uang rupiah. Bagi sebagian negara, nilai rupiah sangat kecil meskipun negara tersebut memiliki tingkat kunjungan wisatawan Indonesia yang lebih besar. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments