foto1205

Lebih Cantik dengan Minyak

Beberapa minyak alami, seperti minyak zaitun, minyak argan, atau minyak kelapa diyakini memiliki banyak manfaat bagi kulit. Tak heran, minyak-minyak tersebut kerap digunakan dalam produk kecantikan atau perawatan kulit.

Bahkan kini muncul tren perawatan wajah dan tubuh dengan menggunakan minyak esensial tanpa bahan tambahan apapun. Benarkah minyak-minyak tersebut bermanfaat bagi kulit?

Ya, ternyata manfaat minyak alami ini cukup banyak. Minyak dikenal memiliki fungsi melembapkan. Misalnya, minyak kelapa yang dianjurkan untuk perawatan kulit kering. Namun, tidak hanya itu. Seperti yang disarikan dari Goodhousekeeping.com, berikut ini adalah fungsi lain dari kandungan minyak alami dalam produk perawatan wajah dan tubuh.

Mengurangi kerutan

Kerutan atau garis halus pada wajah bisa muncul karena faktor usia, tetapi juga bisa karena jenis kulit yang cenderung kering. Dengan kelembapan ekstra dari kandungan minyak alami, kulit akan menjadi lebih lembap dan kenyal sehingga garis halus bisa tersamar. Sejumlah minyak alami seperti minyak biji anggur (grape seed oil) dikenal mempunyai kandungan anti-aging atau anti-penuaan dini sehingga bisa digunakan sebagai produk perawatan wajah yang tepat untuk mencegah kerutan.

Melindungi kulit

Mengaplikasi minyak alami ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan minyak esensial dalam produk perawatan kulit, kosmetik, atau produk perawatan tubuh lainnya juga bisa melindungi kulit dari efek negatif lingkungan. Contohnya, polusi, radikal bebas, dan zat racun yang mungkin saja ada di udara atau air di sekeliling kita. Kandungan antioksidan dalam minyak alami seperti minyak argan dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk lingkungan.

Alas riasan

Sekarang ini, beragam primer make up atau alas dasar riasan wajah cukup banyak di pasaran. Tak kalah dengan primer keluaran merek ternama, minyak alami atau minyak esensial juga mampu menjadi alas riasan atau primer yang sangat baik. Biasanya, jenis minyak esensial yang digunakan adalah minyak jeruk mandarin atau minyak biji labu. Kedua minyak ini mampu membuat tampilan halus pada wajah.

Mengecilkan pori-pori

Jenis minyak tertentu memang mampu membantu mengecilkan pori-pori. Sebagai contoh, minyak jojoba dan minyak kacang makadamia. Perawatan rutin dengan minyak ini dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Meskipun memiliki segudang manfaat, ada yang harus diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit yang berbahan alami. Salah satunya adalah kecocokan. Pemilik jenis kulit sensitif perlu cermat memilih produk. Biasanya, untuk kulit sensitif, bahan alami yang aman adalah minyak biji anggur. Hindari bahan tambahan lain seperti parfum. Akan lebih baik jika produk kosmetik berbahan minyak esensial memiliki aroma alami. Cermati pula kandungan lain dalam kosmetik dan produk perawatan tubuh lainnya. Pastikan tidak ada kandungan berbahaya seperti paraben dan merkuri di dalam kosmetik atau produk perawatan tubuh yang Anda beli. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments