foto0905

Semangat Taklukkan Tantangan Baru

Pindah kerja ke perusahaan lain akan memunculkan tantangan baru. Apalagi bila ditambah harus menggeluti bidang yang berbeda dengan yang Anda kerjakan sebelumnya. Tantangannya jadi berlipat.

Beberapa tantangan yang harus Anda taklukkan antara lain, ritme kerja yang berbeda, budaya perusahaan, kerja sama dengan rekan satu tim yang berbeda karakter, sifat dan kepribadian atasan, dan tentu saja bidang tugas yang terasa asing.

Jika tidak pandai menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan lingkungan kerja baru, kesulitan Anda akan semakin besar. Tanda-tandanya, muncul rasa ketidaknyamanan saat bekerja seperti bekerja tidak tenang, gugup ketika menerima tugas, kesalahan penanganan tugas yang berulang, dan tidak percaya diri.

Tentunya, Anda tidak ingin hal ini terjadi. Untuk itu, diperlukan persiapan yang baik agar bisa menghadapi lingkungan kerja yang baru. Apalagi bila profesi yang akan dikerjakan berbeda dengan yang selama ini ditekuni. Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan dalam memasuki dunia kerja yang baru.

1. Kumpulkan informasi awal sebanyak mungkin.
Sebelum diterima kerja, pasti ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Dalam proses itulah, sebaiknya Anda mulai mencari tahu lebih banyak tentang calon tempat Anda bekerja. Mulai dari hal yang paling sederhana, seperti jam masuk kerja dan peraturan untuk lembur. Begitu juga dengan hal yang terkesan sepele lainnya seperti seragam kantor atau ketentuan dalam berbusana.

Informasi lain seputar perusahaan bisa didapatkan dari internet. Atau bisa juga dari karyawan yang bekerja di sana atau kenalan yang mengetahui budaya perusahaan. Misalnya seputar profil perusahaan, iklim kerja, transportasi dari dan ke kantor, dan sebagainya.

2. Belajar dan belajar.

Jangan menunggu senior untuk mengajari Anda. Bila bidang pekerjaan Anda adalah hal yang baru bagi Anda, sebaiknya sebelum mulai bekerja bekali diri dengan pengetahun seputar pekerjaan tersebut sebanyak mungkin. Anda yang harus aktif dalam belajar. Dengan begitu, kemampuan Anda akan lebih diakui oleh para senior. Setidaknya, Anda tidak maju “perang” dengan tangan kosong.

3. Persiapkan diri dengan baik, baik fisik maupun pikiran.
Hari-hari pertama masuk kerja merupakan saat yang penting. Istilahnya, kesan pertama. Untuk itu, usahakan kondisi tubuh fit. Cukupkan istirahat sehari sebelumnya. Hindari  begadang, jaga asupan makanan (sakit perut di hari pertama bekerja? Big no no), dan jangan terlalu stres (ini juga bisa bikin Anda sakit perut, lho). Selain itu, usahakan sudah mempersiapkan barang bawaan pada malam hari, menyiapkan keperluan kantor, dan bangun tepat waktu agar tidak terburu-buru dan kurang waspada ketika berada dalam perjalanan. Usahakanlah untuk menjaga kedisiplinan diri sebagai salah satu bentuk respek pada pekerjaan baru.

4. Melakukan yang terbaik dengan tetap menjadi diri sendiri.
Anda mungkin tidak akan tahu alasan pasti diterima bekerja di sebuah perusahaan. Namun, Anda harus percaya bahwa Anda diterima karena kualitas dalam diri. Anda tentu diharapkan untuk bisa beradaptasi secepat mungkin dengan lingkungan kerja baru, sehingga bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Tak kalah penting adalah tetap menjadi diri sendiri dan menikmati semua hal yang dikerjakan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih senang dan nyaman melewati hari-hari di tempat kerja yang baru. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments