foto0505

Cantik Alami Berkat Kosmetik Berbasis Air

Air adalah komponen penting dalam tubuh manusia, termasuk untuk kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih lembut dan lembap. Inilah yang membuat para pelaku industri kecantikan berlomba mengeluarkan produk kosmetik berbasis air atau water-based cosmetics.

Padahal bila melihat sekitar satu dekade ke belakang, kosmetik berbasis minyak atau oil-based cosmetics lebih populer. Namun seperti hal-nya dunia fashion, dunia kecantikan pun memiliki tren tersendiri. Dan saat ini, water-based cosmetics lah yang sedang naik daun.

Seperti namanya, water-based cosmetics adalah kosmetik yang menggunakan air sebagai salah satu bahan utamanya. Situs web Herinterest.com menyebut, kosmetik berbahan dasar air ini memberikan polesan yang pas dan mampu menghasilkan tampilan yang natural. Sementara itu, situs Brit.co menyatakan, hasil pulasan kosmetik berbahan dasar air ini juga tidak membuat kulit jadi berminyak. Sebaliknya, water-based cosmetics ini justru membuat tampilan wajah menjadi segar alami.

Cocok bagi semua

Jenis kulit wajah memang berbeda-beda. Kita mengenal jenis kulit sensitif, kulit berminyak, kulit kering, kulit normal, dan kulit kombinasi. Oil-based cosmetics biasanya cocok untuk jenis kulit normal atau kulit kering. Namun, water-based cosmetics bisa diaplikasikan untuk hampir semua jenis kulit. Meskipun demikian, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan pelembap di dalamnya dan kecocokan kosmetik dengan jenis kulit Anda.

Thedermreview.com mengungkap, tekstur kosmetik yang berbahan dasar air biasanya cenderung lebih ringan. Aplikasinya pun bisa lebih merata, walaupun hal ini juga terkait dengan kualitas produknya. Jenis kosmetik ini juga dapat melembutkan kulit dan menjaga agar kelembapan alami kulit tidak mudah hilang.

Water-based cosmetics ini juga relatif cocok untuk orang Indonesia.  Karena jenis kosmetik ini akan membuat tampilan wajah Anda lebih matte dan tidak membuat kulit mudah berminyak. Keluhan rata-rata orang Indonesia adalah kulit yang mudah terlihat berminyak karena tinggal di wilayah Indonesia yang tropis.

Namun water-based cosmetics tidak hanya menggunakan bahan air saja. Kosmetik ini biasanya dilengkapi dengan kandungan lain, misalnya vitamin C dan E, atau antioksidan dan tabir surya. Jadi, ada manfaat lebih bila Anda memilih kosmetik berbahan dasar air ini.

Perlu cermat

Meskipun kosmetik berbahan dasar air ini menjanjikan tampilan cantik alami, bukan berarti tidak bisa memberikan efek samping. Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilih produk ini di pasaran. Cobalah sedikit, jika menimbulkan iritasi, reaksi alergi, gatal, atau kemerahan pada kulit, sebaiknya hentikan pemakaian. Walaupun water-based cosmetics memang sedang tren, sebaiknya jadikan pemilihan kosmetik yang sesuai untuk kulit sebagai prioritas utama.

Selain itu, sebaiknya hindari pemakaian kosmetik berbahan dasar air ini pada kulit yang teriritasi atau terluka. Ini menjadi pengecualian jika produk kosmetik sengaja difungsikan untuk membantu menangani masalah kulit dan merupakan racikan dari para ahli kulit.

Dan seperti halnya produk kosmetik lain, bersihkan wajah dengan benar setelah mengaplikasikan produk water-based cosmetics ini. Meski berbahan dasar air, tetap saja bila tidak dibersihkan dapat menimbulkan masalah pada kulit, seperti komedo dan jerawat.

Pilihan kosmetik berbahan dasar air di pasaran memang sangat banyak. Kebanyakan berupa alas bedak atau foundation dan pelembap atau moisturizer. Namun, ada pula produk maskara dan lipstik cair. Beberapa di antaranya adalah Rimmel Stay Matte Foundation, Tony Moly Water Lip Tint, dan Make Up For Ever Water Blend Foundation. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments