foto0405

Saat Rumah Berganti Rupa Jadi Tempat Usaha

Di Bintaro, tak sedikit rumah yang berganti peruntukan menjadi tempat usaha. Tidak salah, karena rumah memang bisa menjadi modal Anda dalam berusaha. Namun tentu ada rambu-rambu yang harus Anda perhatikan, agar perubahan peruntukan bangunan ini berjalan lancar. Bukan malah mengganjal usaha Anda.

Contoh ruangan yang bisa digunakan sebagai ruangan usaha antara lain garasi, ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan yang jarang dipakai lainnya. Fungsi area dalam rumah ini bisa beragam. Misalnya, dijadikan warung, kantor, ruang kerja karyawan, atau gudang penyimpanan perkakas atau peralatan bisnis.

Mengubah ruangan dalam rumah sebagai area usaha tentu membutuhkan pertimbangan dan persiapan yang matang. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Jenis usaha

Usaha yang dirintis sudah pasti akan memengaruhi kebutuhan ruang, desain, perlengkapan, dan persiapan lainnya. Misalnya, jika Anda ingin mengubah garasi menjadi ruang usaha untuk laundry, berarti desain ruangan bukan prioritas, tetapi aliran air, penataan arus listrik, serta penempatan peralatan akan menjadi pertimbangan. Namun, jika Anda ingin membuka usaha seperti jasa desain grafis, Anda akan memerlukan ruangan yang nyaman untuk bekerja ala kantoran. Jadi, pastikan dulu jenis usaha yang akan ditekuni. Jenis usaha dan penentuan kebutuhan ruangan ini juga akan memengaruhi perlu-tidaknya renovasi rumah.

Desain

Sebaiknya sesuaikan rancangan desain dengan jenis usaha. Misalnya, jika Anda ingin membuka usaha bimbingan belajar atau tempat kursus, siapkan ruangan dengan perlengkapan belajar seperti meja-kursi. Sesuaikan cat dinding dengan target usaha. Lokasi kursus menjahit tentunya berbeda dengan lokasi kursus belajar bahasa Inggris untuk anak-anak. Sebagai tempat kursus belajar anak-anak, Anda perlu mengecat dinding dengan warna-warni yang ceria. Jika ruang usaha akan difungsikan untuk menerima tamu, sebaiknya dekorasilah ruangan agar nyaman.

Akses

Aspek ini tidak boleh dilupakan. Agar Anda dan pekerja atau karyawan bisa bekerja dengan nyaman di rumah yang diubah menjadi ruang usaha, sebaiknya sediakan akses yang leluasa. Jangan lupa, pisahkan akses ruang usaha dengan anggota keluarga. Beri batas yang jelas antara ruang untuk keluarga dan ruang usaha. Akses juga bisa terkait lingkungan sekitar rumah yang dijadikan ruang usaha. Jika Anda kerap mendistribusikan barang dengan mobil bak terbuka, pastikan akses jalan di sekitar rumah bisa dilintasi kendaraan roda empat. Siapkan pula area parkir dan area memutar kendaraan yang cukup leluasa.

Perizinan

Untuk melegalkan usaha, pastikan Anda telah mengurus administrasi untuk perizinan usaha. Misalnya, Surat Izin Tempat Usaha dan Surat Izin Usaha Perdagangan. Sebagai warganegara yang baik, daftarkan pula usaha Anda ke Direktorat Pajak.

Biaya

Membangun usaha berarti Anda perlu menerapkan prinsip ekonomi, yaitu menggunakan modal dalam jumlah tertentu untuk mencapai hasil yang maksimal. Jadi, perhitungkan biaya untuk pembangunan usaha secara detail. Perhitungkan faktor risiko dalam membangun usaha, termasuk dalam hal keuangan. Pastikan Anda berhati-hati dalam mengelola keuangan, termasuk dalam menyiapkan biaya untuk mengubah rumah menjadi ruang usaha. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments