foto3

Pesona Religi di Haw Par Villa

Sejarah sebuah bangsa atau budaya masyarakat dapat dipelajari dengan cara yang seru. Salah satunya adalah dengan mengunjungi daerah wisata yang kental dengan budaya tersebut. Sebuah taman di Singapura menarik untuk Anda kunjungi ketika berada di sana.

Singapura adalah negara mungil yang unik. Komposisi warga negara Singapura didominasi masyarakat keturunan Melayu, Tiongkok atau China, dan India. Kita pun bisa melihat sentuhan berbagai ras bangsa di sejumlah destinasi wisatanya. Salah satunya, Haw Par Villa.

Taman yang masih termasuk dalam kawasan Pasir Panjang ini dahulu bernama Tiger Balm Gardens. Awalnya, Tiger Balm Gardens didirikan pada tahun 1937 oleh kakak beradik Aw Boon Haw and Aw Boon Par. Namun, akhirnya taman ini diubah namanya menjadi Haw Par Villa.

Legenda dalam vila

Gerbang depan yang berdesain Tiongkok.

Bila melihat dari dekat, ada kesan kuat budaya, tradisi, dan kepercayaan masyarakat Tiongkok di Haw Par Villa. Ini tampak jelas dari gerbang utama yang terbuat dari pilar merah menjulang. Di dalamnya, patung dewa-dewi dan manusia semuanya mengenakan pakaian khas Tionghoa.

Haw Par Villa sendiri sebenarnya dibangun untuk menggambarkan dongeng dan mitos masyarakat Tiongkok, berikut kepercayaan awal mereka yang sebagian dekat dengan agama Budha. Tidak perlu heran bila Anda menemukan patung Budha, Dewi Kwan Im, atau sekumpulan pasukan kera. Ada pula penggambaran surga dan neraka. Semuanya terwujud dalam patung dan diorama.

Aneka patung yang dicat warna cerah.

Jika ditotal, ada sekitar 1.000 patung dan 150 diorama di Haw Par Villa. Anda bisa menjelajahi setiap sudutnya yang seolah bercerita. Ada yang berbagi tentang Legenda Ular Putih dan 12 zodiak Tiongkok.

Menariknya, tiap diorama dilengkapi dengan cerita singkat yang ditulis dalam 4 bahasa, yaitu Bahasa Melayu, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea. Tentu saja ini akan memudahkan pengunjung untuk lebih mengetahui koleksi patung dan diorama di Haw Par Villa.

Salah satu diorama yang menjadi favorit adalah Ten Courts of Hell atau 10 penghakiman di neraka. Banyak yang bilang tempat ini agak menyeramkan, terutama untuk anak kecil. Lokasi diorama ini memang berada didalam gua buatan, kondisinya agak gelap dan memang dioramanya sendiri bercerita tentang kondisi penghakiman di neraka. Belum lagi ditambah informasi seputar Haw Par Villa yang serupa.

Dekat stasiun MRT

Masuk ke dalam taman ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Haw Par Villa buka setiap hari dari mulai dari pukul 9.00 sampai pukul 19.00 waktu setempat. Untuk menuju Haw Par Villa, paling mudah adalah menggunakan MRT. Dari stasiun MRT mana saja, Anda harus menuju stasiun MRT Buona Vista, kemudian pindah jalur kuning ke arah Harbour Front untuk turun di stasiun MRT Haw Par Villa.

Diorama pasukan kera, legenda Tiongkok.

Posisi Haw Par Villa ini tepat persis di belakang MRT Haw Par Villa. Anda tinggal berjalan keluar stasiun MRT dan menuju ke arah kanan. Tak berselang lama, Anda akan melihat susunanan batu warna warni dengan tulisan “Haw Par Villa” terpajang besar-besar.

Warna-warni diorama dan rangkaian patung di Haw Par Villa menjadikannya sangat menarik untuk dilihat. Haw Par Villa pastinya akan menjadi lokasi paling seru jika Anda gemar berswafoto sendiri atau bersama teman dan keluarga. Plus Anda bisa belajar legenda masyarakat Tiongkok. [KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments