foto5

Ada Nasi (Warna) Merah di Kopitiam

Bicara tentang warung kopi pasti melibatkan secangkir kopi pekat dan sepiring camilan hangat. Namun tak tabu juga bila mengajak sepiring nasi sebagai teman berbincang. Semua sah saja. Seperti yang dihidangkan oleh kopitiam ini.

Gerai kopitiam di area sudut belakang Bintaro Xchange Mall yang berdekatan dengan taman ini menawarkan menu yang sedikit berbeda dibanding kopitiam biasa. Eastern Kopitiam, itulah nama yang terpampang di depan.

Dari luar, kopitiam ini mirip dengan restoran atau kafe biasa. Tampak kursi-meja kayu yang terbuka seolah menyambut tiap tamu. Masuk lebih dalam lagi, area Eastern Kopitiam terbagi lagi menjadi ruangan smoking room.

Penanda kopitiam yang kerap identik dengan sentuhan peranakan ini nyaris tersamar jika kita tidak jeli. Lukisan di dinding atas dekat langit-langit serta tatanan piring-piring bermotif Oriental di salah satu pilar menyatakan identitasnya.

Hiasan dinding yang memberi sedikit sentuhan peranakan.

Jika Anda duduk di bagian tengah, pemandangan kesibukan dapur akan tampil layaknya live cooking show. Namun, jika kenyamanan yang Anda cari, pilih tempat duduk di area tengah.

Menu istimewa

Lalu, menu apa yang paling istimewa di sini? Banyak orang menyebut nasi goreng merah (foto paling atas). Seperti namanya, tampilan nasi goreng ini menonjol warna merahnya. Bukan karena merahnya cabai yang pedas, atau menggunakan beras merah. Nasi goreng ini justru gurih dan berwarna kemerahan berkat perpaduan berbagai bumbu rempah. Mungkin saja nasi goreng merah ini mengingatkan Anda pada nasi goreng merah khas Makassar. Bedanya, nasi goreng merah khas Makassar menggunakan bumbu rempah yang lebih banyak sehingga rasanya lebih tajam.

Layaknya nasi goreng pada umumnya, nasi goreng merah di Eastern Kopitiam ini pun tersaji dengan kerupuk dan telur matasapi. Dengan bermacam bumbu yang digunakannya, rasa nasi goreng merah ini cukup membuat lidah menari. Sayang, nasi  yang digunakan terlalu pulen untuk sepiring nasi goreng.

Dimsum ceker ayam.

Bila Anda sedang ingin mengurangi nasi, Anda bisa memesan aneka menu dimsum yang sedap. Atau Anda bisa memesan mie rica-rica yang sedikit pedas. Semuanya cukup memuaskan perut Anda tanpa mengenyangkan secara berlebihan karena porsinya tak terlalu besar.

Kopi dan camilan

Bila Anda hanya ingin sekadar mengobrol sambil menyantap camilan ringan, cobalah kopi tarik di sini. Memang, rasanya cukup manis. Ini karena campuran susu kental manis yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin mengurangi manisnya, tinggal minta kepada pelayan untuk mengurangi kadar susunya.

Begitu juga ketika Anda memesan kopi Vietnam, sebagai variasi dari kopi biasa. Jika tidak terlalu suka manis, mintalah agar susu campuran kopi Vietnam dipisah. Takaran susu kental manis campuran kopi vietnam memang cukup banyak. Belum lagi campuran susu segar tambahannya. Kopi vietnam yang disajikan dengan wadah penyedia kopi ini cukup “nendang” rasanya. Pas, jika dipadukan dengan susu yang sesuai selera Anda.

Roti kukus gula mentega.

Sebagai teman minum kopi, Anda bisa memilih camilan khas kopitiam, yaitu roti kukus mentega gula. Roti bertekstur empuk dan lembut ini sungguh nikmat ketika bersentuhan dengan pahitnya kopi. Gula pasir seolah lumer menjadi karamel. Olesan mentega di atasnya menyuguhkan sensasi gurih dan creamy. Nikmatilah roti kukus ini selagi hangat. [KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments