foto2104

Wanita Cerdas Berani Berinvestasi

Bukan hanya gesit mencari peluang, wanita juga harus cerdas dalam mengelola keuangannya. Bijak mengatur keuangan membuat wanita bisa mandiri dalam soal keuangan, kini dan di masa tua.

Itulah yang terungkap pada acara Financial Literacy, Chit-Chat with Permata Bank, Kamis (20/4), di Bintaro Xchange Mall. Pada acara yang bertema “Berinvestasi Kini Buat Masa Depanmu!” itu peserta tampak sangat antusias mendengar paparan Ukke Kosasih, Pendiri dan CEO Circa Handmade, pengusaha wanita asal Bandung yang sukses dengan produksi bonekanya.

Ukke berbagi kiat bagaimana agar para pengusaha wanita pantang menyerah dalam memperbesar dan memperluas usahanya. Ukke juga menyarankan agar para wanita terus berkembang memperluas ilmu dan sekaligus menyebarkan ilmu mereka. Pengusaha juga sebaiknya mengajak para karyawannya untuk terus tumbuh dan berkembang bersama hingga menjadi mitra yang sejajar.

Kelola yang benar

Setelah usaha berkembang, uang yang masuk harus dikelola dengan bijak. Menurut Tri Utami Kusumawardani, Head, Investment Specialist Permata Bank, wanita harus mencatat semua pengeluaran setiap bulan. Dari catatan tersebut akan diketahui berapa rata-rata pengeluaran sebulan. Setelah mengetahui pengeluaran, wanita harus menyediakan emergency fund (dana darurat) untuk 3-6 bulan ke depan. Setelah itu, pertimbangkan untuk berinvestasi.

Menurut Utami, dalam berinvestasi, sesuaikan dengan tingkat penerimaan seseorang terhadap risiko. Memang, tak ada investasi yang tak berisiko. Namun Anda bisa memilih sesuai tipe kepribadian Anda. Reksadana, bisa jadi salah satu pilihan investasi. Salah satu kelebihan reksadana adalah biayanya yang rendah. Hanya dengan Rp 250 ribu Anda sudah bisa berinvestasi. Namun tentu saja, bila Anda memiliki dana berlebih, sayang bila dana yang Anda miliki tak Anda investasikan.

Investasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang akan membuat masa depan Anda lebih terencana. Sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih tenang.

Begitu pula yang diutarakan Sabai Dieter Morscheck, artis dan Brand Ambassador #SayangUangnya. Ibu dari seorang anak ini mengaku sudah jauh-jauh hari menyiapkan dana untuk buah hatinya, dan mulai berinvestasi untuk masa depannya. Hal tersebut menurut Sabai, bisa membuat ia lebih tenang. [YBI]

 

Foto: Etalase Bintaro/Yudhanti

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments