foto2104

Manfaat Yahud Rumput Laut

Salah satu kekayaan laut yang sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kecantikan adalah rumput laut. Tak heran bahan ini mulai populer di dunia kecantikan. Apalagi rumput laut mudah untuk dibudidayakan.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh rumput laut, tak lepas dari peran kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Vitamin dalam rumput laut cukup banyak. Di antaranya adalah vitamin A, C, dan E. Selain itu, rumput laut juga memiliki kelembapan tinggi. Sifatnya yang mudah tumbuh kembali juga diyakini mampu membantu regenerasi sel kulit. Bisa dibayangkan, jika rumput laut digunakan sebagai salah satu bahan produk kecantikan. Tentu kulit akan sangat bahagia.

Untuk wajah dan tubuh

Produk kecantikan berbahan rumput laut dapat membantu membuat kulit tampak segar dan kenyal berkat kandungan pelembap di dalamnya. Pemakaian produk kecantikan berbahan rumput laut secara teratur pun dapat membantu merangsang regenerasi sel kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya akan melindungi kulit dari radikal bebas yang kebanyakan berasal dari polusi udara dan polusi air. Radikal bebas inilah yang banyak disebut-sebut sebagai penyebab utama timbulnya berbagai masalah kulit. Tak heran bila sejumlah produk perawatan kulit berbahan rumput laut pun mengklaim, bahan alami ini dapat membantu memudarkan noda hitam dengan pemakaian teratur.

Manfaat lain rumput laut yang tak kalah menarik adalah membantu mengatasi jerawat. Ini karena rumput laut memiliki zat yang bersifat anti-inflamasi atau antiradang. Bahan alami ini juga mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus membersihkan permukaan kulit tanpa membuatnya kering.

Kandungan bahan alami dalam rumput laut juga sangat bersahabat dengan kulit, ia mudah diserap oleh kulit. Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, pemakaian produk berbahan rumput laut juga bisa membantu mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Rambut dan kulit kepala

Tidak hanya untuk kulit, rumput laut pun bermanfaat untuk menyehatkan kulit kepala dan rambut. Kandungan mineral dalam rumput laut seperti asam amino, akan membantu merawat vitalitas rambut. Perawatan dengan rumput laut ini juga dapat membuat sirkulasi darah di kulit kepala semakin lancar.

Rumput laut juga mengandung yodium. Zat inilah yang bermanfaat untuk memerangi mikroorganisme dan mikroba yang merusak akar rambut. Hasilnya, perawatan rambut dengan produk perawatan rambut berbahan rumput laut dapat membantu rambut tumbuh lebih sehat dan optimal. Manfaat lainnya, rumput laut bisa membuat rambut lebih kuat dan berkilau.

Produk kecantikan berbahan rumput laut cukup banyak. Contoh merek yang mengeluarkan produk berbasis rumput laut antara lain Skin food, Citra, dan Haecho. Para peneliti dari Institut Pertanian Bogor juga pernah mengeluarkan produk perawatan kulit berbahan rumput laut. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments