foto2004

Cara Jitu Usir Lumut dan Jamur dari Rumah

Lumut dan jamur yang tumbuh di sudut-sudut rumah tak boleh dianggap sepele. Bila terus diabaikan lama kelamaan bisa mengganggu kesehatan. Karena itu, segera hilangkan lumut dan jamur hingga tuntas.

Mengapa lumut dan jamur bisa membahayakan kesehatan? Lumut dan jamur adalah indikator bahwa kondisi rumah sangat lembap. Kondisi rumah yang lembap bisa menyebabkan gangguan alergi dan memicu asma. Virus flu pun senang berada di rumah yang lembap, karena ia akan mudah berkembang dan menyebar. Dan bila Anda sakit, masa pemulihan pun bisa lebih lama.

Untuk menghindari kondisi lembap, rumah perlu memiliki sirkulasi udara yang baik. Penerangan alami dari sinar matahari pun sebaiknya tercukupi agar ruangan dalam rumah tetap kering. Selain itu, jagalah kebersihan rumah secara rutin.

Sayangnya, terkadang ada hal-hal tidak terduga yang membuat sudut-sudut atau bagian rumah berlumut atau berjamur. Di antaranya, kebocoran pipa saluran air, kualitas dinding kurang bagus sehingga air hujan mudah merembes, hingga perubahan desain ruangan yang membuat kondisi lembap.

Tangani secepatnya

Lumut dan jamur dalam rumah sebaiknya segera dibersihkan. Jika tidak, penyebarannya bisa semakin luas dan semakin sulit untuk dibersihkan.

Sebelum membersihkan jamur dan lumut, pastikan Anda telah membersihkan area di sekitarnya. Misalnya, menyingkirkan perabotan yang berdekatan dengan area yang berjamur dan berlumut lalu menutupnya agar tidak terpapar lumut dan jamur saat dibersihkan.

Selanjutnya, lengkapi diri dengan sarung tangan karet. Biasanya, lumut dan jamur dibersihkan menggunakan karbol atau zat kimia lainnya yang bersifat keras. Agar tangan Anda tidak gatal-gatal karena terpapar bahan kimia tersebut, sebaiknya berikan pelindung. Selain itu, kenakan baju lengan panjang, celana panjang, dan alas kaki tertutup. Kenakanlah masker wajah dan topi untuk menutupi kepala.

Untuk membersihkan jamur dan lumut di kamar mandi, Anda bisa langsung menyemprotnya dengan karbol. Diamkan selama satu jam, lalu gosok. Terakhir, bilas sampai bersih. Namun, jika lumut dan jamur menempel pada dinding atau tembok yang bercat, sebaiknya ampelas dulu atau gosok dengan sikat lembut.

Semprotkan bahan pembersih lumut dan jamur. Diamkan selama beberapa waktu, lalu gosok kembali. Jika jamur dan lumut muncul akibat rembesan air, sebaiknya gunakan cat pelapis antibocor pada dinding.

Akan tetapi, jika jamur dan lumut muncul gara-gara ada pipa air yang bocor, sudah pasti langkah pertama adalah membereskan masalah pipa air. Perbaiki pipa air yang bocor secepatnya. Periksa juga apakah ada bagian dinding yang rusak akibat kebocoran pipa. Perbaikilah seluruhnya. Terakhir, berikan cat pelapis antibocor dan antimikroba. Dengan ruangan bersirkulasi udara bagus dan kering, jamur dan lumut pun enggan mampir. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments