foto1404

Bambu yang Bikin Ayu

Siapa sangka ternyata bambu saat ini merupakan salah satu bahan kosmetik yang sedang populer. Berbagai produk kosmetik dan perawatan kulit yang berbahan bambu menjadi andalan produsen produk kecantikan.

Tentu saja ini karena bambu telah terbukti memiliki banyak manfaat terhadap kecantikan. Namun yang digunakan bukan batang bambu dalam kondisi basah. Produk kosmetik umumnya menggunakan arang bambu sebagai bahannya. Bambu dibakar terlebih dulu agar bisa mendapatkan arangnya. Teknik untuk membakar bambu ini disebut pyrolisis. Dengan pyrolisis, kadar air dalam bambu akan dihabiskan sehingga bambu mudah terbakar. Sehingga nagian arangnya mudah didapat.

Suhu pembakaran dan waktu pembakaran bambu perlu diatur agar kualitas arang bisa bagus. Arang dari bambu ini kemudian diolah kembali menjadi beragam bahan perawatan tubuh. Misalnya, masker wajah dan scrub tubuh, sabun mandi, dan cuka bambu.

Antijerawat

Arang bambu kini marak dijadikan bahan masker peel off atau masker yang bisa dikelupas setelah diaplikasikan. Masker arang bambu ini berfungsi untuk mengangkat komedo serta membersihkan kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Komedo sering disebut pemicu jerawat. Dengan komedo yang terangkat, risiko jerawat pun berkurang. Begitu juga ketika wajah bersih dari kotoran dan debu, jerawat pun makin tersingkir.

Mengaplikasikan masker bambu secara rutin juga dapat membantu mengurangi flek hitam di wajah. Dengan tambahan bahan aktif lainnya, masker bambu pun mampu melembapkan kulit. Berkat tingginya kandungan pelembapnya, masker bambu juga dapat membuat kulit wajah tampak lebih kenyal dan kencang. Kerutan halus pun berkurang.

Mencegah penyakit kulit

Arang bambu yang diolah menjadi sabun dapat membantu membersihkan kulit. Sabun dari arang bambu dapat membantu menghilangkan panu, kudis, kurap, dan gatal-gatal pada kulit tubuh. Ini karena arang bambu bersifat antiseptik yang mampu membasmi jamur dan bakteri di permukaan kulit. Pemakaian yang teratur akan membuat kulit tubuh lebih bersih.

Kandungan karbon aktif dan serat halus di dalamnya membuat sabun dari arang bambu mampu mengurangi elemen logam pada kulit tanpa merusak kulit. Hasilnya, kulit pun tetap halus dan tampak lebih segar. Masalah bau badan pun berkurang berkat pembersihan yang menyeluruh dengan sabun arang bambu.

Bagian tubuh seperti tumit, lutut, dan siku tangan kerap terasa kasar. Pemakaian sabun arang bambu dapat membantu menghaluskan bagian yang kasar ini. Pemakaian masker berbahan arang bambu juga bisa mengangkat sel kulit mati dari tubuh.

Selain arang bambu, ekstrak pohon bambu pun bisa diambil dan digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik atau produk perawatan tubuh. Misalnya, cuka bambu. Produk yang berbahan cuka bambu bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Saat ini, sejumlah produk kosmetik dari Negeri Ginseng Korea Selatan pun menggunakan ekstrak bambu sebagai salah satu bahan dasarnya. Kandungan bambu ini dipercaya dapat membantu melembapkan kulit dan merangsang regenerasi sel kulit. Contoh produk kosmetik berbahan bambu ini antara lain, produk keluaran dari Missha dan Erborian. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments