foto1004_2

“Lemon Segar” yang Warnai Hari

Siapa sangka, keputusan untuk sepenuhnya mengurus keluarga malah menelurkan bisnis baru. Salah satu pemilik UMKM di kawasan Bintaro ini bisa menjadi inspirasi bagi para wanita yang ingin sepenuhnya mengurus keluarga namun tetap memiliki penghasilan sendiri.

Sudut Toko Buku Gramedia Emerald Bintaro lantai dua tersebut tampil atraktif. Di salah satu sisinya, terpajang produk warna-warni. Mayoritas produk yang berbahan kain ini bermotif bebungaan cantik. Sebagian lagi bermotif hewan dalam tampilan kartun yang tak kalah menggemaskan. Tiap produknya dibuat dengan rapi dan halus. Tampak nyata, betapa sang pembuat begitu menyukai hasil karyanya.

Irma adalah sosok kreatif di balik lahirnya beragam produk yang banyak digemari kaum Hawa ini. Ia memberi nama usahanya: Lemonz Craft Projects.

“Disebut Lemonz Craft Projects karena memang saya suka lemon. Sekarang ini, siapa sih yang nggak kenal lemon?” lontar ibu tiga anak yang berpembawaan ceria ini.

Irma mengaku memilih lemon karena buah ini mengesankan sesuatu yang segar. Lemon pun dikenal memiliki banyak manfaat. Selain karena suka pada lemon, kata lemon juga mudah diingat banyak orang. Sebuah alasan yang sederhana.

Banting stir

Irma tidak pernah membayangkan dirinya akan bergelut dalam dunia bisnis. Ia pun merasa tidak memiliki bakat bisnis spesifik. Namun, setelah bertahun-tahun merambah profesi di dunia media massa, pada satu titik, Irma mengalami titik jenuh. Ia pun memutuskan untuk keluar dari pekerjaan kantoran, lebih berfokus pada keluarga, dan lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri.

Di sela-sela waktu luangnya, Irma iseng membuat beragam jenis produk yang ia suka. Dari beberapa produk dengan warna-warni ceria untuk anak-anak, lama-kelamaan produk kreasi Irma semakin beragam dan semakin berkembang. Peminatnya pun semakin banyak. Lahirlah Lemonz Craft Projects yang multiproduk.

Jika Anda mengintip isi gerai mungil Lemonz Craft Projects di Gramedia Emerald Bintaro atau menguak media sosialnya, tampaklah deretan beragam jenis produk yang apik. Di antaranya ada sarung bantal, handuk, bantal duduk, buku catatan atau notes, wadah tisu, tas, pouch, dan dompet. Rentang harganya bervariasi, tergantung dari jenis produknya. Tetapi umumnya masih terjangkau untuk kantong.

Beragam kreasi Irma.

“Sudah banyak sekali produk yang saya bikin, sampai saya nggak ingat sudah ada berapa jumlahnya,” kata Irma sambil tertawa. Bahkan, belum lama ini Irma berkreasi dengan lettering dan doodling menggunakan media talenan. Irma ingin mengubah persepsi orang terhadap talenan yang semula sebagai peranti memasak menjadi sesuatu yang lebih cantik dan bernilai seni serta bisa dipajang.

“Talenan itu bisa diubah menjadi bermacam-macam barang. Misalnya, nomor rumah, hiasan dinding, atau hiasan pintu. Kesannya juga lebih unik dan ramah lingkungan karena kita menggunakan kayu, ” jelas Irma.

Selain berpartisipasi dalam gerai khusus di Gramedia Emerald Bintaro dan hadir dalam Instagram, Lemonz Craft Projects juga menerima pesanan customized, selama bisa disanggupi. Dalam sebulan, Irma bisa melayani sekitar 20-30 pesanan, tetapi tidak ada jumlah yang pasti atau fluktuatif.

“Saya menyadari masih belum maksimal karena bagi saya, keluarga masih menjadi prioritas, ” kata Irma. Irma menyadari, peran keluarga sangat penting. Ia merasa bersyukur memiliki keluarga yang mendukungnya dalam berkarya. Bahkan, suaminya pun memberikan kebebasan pada Irma untuk menuangkan kreativitasnya dalam berbagai karya. Lemonz Craft Projects pun terus hidup dan menjadi bagian dari passion Irma. [KUL]

 

Foto-foto: dok. Lemon Craft Projects

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments