foto1

Mencicipi Jejak Sejarah Malaysia

Kalau Indonesia punya Jalan Pegangsaan Timur (sekarang Jalan Proklamasi) sebagai tempat pertama kali bendera merah putih berkibar setelah dinyatakan Indonesia merdeka, maka Malaysia punya Dataran Merdeka.

Ya, tak lengkap rasanya bila mengunjungi negara tetangga tanpa menelisik sejarahnya. Malaysia memang memiliki Menara Petronas yang berdiri megah dan modern, namun bangunan bersejarahnya tak lantas diabaikan. Langkahkan kaki ke Dataran Merdeka untuk mengintip sedikit sejarah Malaysia.

Sebutan lain untuk Dataran Merdeka adalah Merdeka Square. Bisa ditebak, tentu ada alasan khusus di balik sebutan “merdeka”. Tersarikan dari berbagai sumber, Dataran Merdeka adalah lokasi pertama kalinya bendera Malaysia dikibarkan, setelah penurunan bendera Kerajaan Inggris. Karena itulah, lokasi ini menjadi salah satu tempat bernilai historis tinggi di Malaysia.

Sebelum dinamai Dataran Merdeka, lokasi ini dulunya adalah Selangor Club Padang. Namun, banyak warga Malaysia menyebutnya Padang saja. Setelah Malaysia merdeka pada tanggal 31 Agustus 1957, nama Selangor Club Padang diubah dan menjadi lokasi upacara peringatan hari kemerdekaan yang rutin digelar tiap tahun.

Apik

Mendengar sebutan “dataran” dan kerap difungsikan sebagai lokasi upacara hari kemerdekaan, sudah bisa dibayangkan, Merdeka Square ini memiliki area lapangan yang cukup luas.

Air mancur bertuliskan Daratan Merdeka.

Di salah satu sisinya, Anda akan menemukan kolam air mancur dengan pilar-pilar putih di sekitarnya. Tulisan “Dataran Merdeka” ada di puncaknya. Sejenak, sisi ini mengingatkan kita pada bangunan khas Yunani kuno. Jika Anda mengunjungi Dataran Merdeka pada siang hari yang panas, beristirahatlah di bangunan semacam gazebo dengan bunga bougainville merah muda keunguan yang berjuntaian. Dengan suasana yang teduh dan suara gemericik air, panas terik pun seolah terusir.

Di Dataran Merdeka juga terdapat tiang bendera salah satu yang tertinggi di dunia. Tiang bendera ini menjulang setinggi 100 meter. Anda pun bisa mendapati deretan foto perdana menteri yang pernah memerintah Malaysia di salah satu sisinya.

“Biasanya turis-turis tertarik datang ke Dataran Merdeka karena ada banyak tempat menarik dan bisa menjadi lokasi foto-foto,” terang Angga, warganegara Indonesia yang telah bekerja 3 tahun di Malaysia.

Tak kalah menarik

Gedung Sultan Abdul Samad yang unik.

EBIN memperhatikan, sejumlah bangunan menarik ada di sekitar Dataran Merdeka ini. Beberapa di antaranya adalah Museum Muzik, Gedung Sultan Abdul Samad, Perpustakaan Kuala Lumpur, Kathedral St Maria, dan Museum Sejarah Nasional. Sebagian bangunan ini dibangun oleh bangsa Inggris yang lekat dengan unsur budaya India.

Dari segi lokasi, Dataran Merdeka cukup strategis. Jika Anda menggunakan kereta dari KL Sentral dan dilanjutkan dengan jalan kaki sebentar, tak sampai satu jam Anda akan tiba di Dataran Merdeka. Tidak mengherankan bila banyak turis dari berbagai negara yang tertarik dan merasa nyaman ketika mengunjungi Dataran Merdeka. Jika Anda penasaran, senggangkanlah waktu agar bisa mengunjunginya ketika berwisata di Malaysia. [KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments