ilustrasi3103

Perawatan Kulit dari Dapur Sendiri

Tengoklah dapur Anda. Beberapa bahan yang umumnya ada di dapur bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Murah, mudah, hemat, dan bikin cantik.

Memang, produk perawatan kulit mudah didapatkan. Mulai dari warung, minimarket, hingga gerai farmasi umumnya menjual produk perawatan kulit. Namun, jika Anda bisa membuat sendiri produk perawatan kulit dari bahan yang segar dan alami, mengapa tidak mencobanya?

Bahan-bahan alami ini bisa didapatkan dari dapur atau tempat penyimpanan makanan Anda. Bahan alami ini juga bisa didapatkan di halaman rumah Anda. Untuk mengolahnya menjadi produk perawatan tubuh pun mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Dari sekian banyak bahan-bahan alami, beberapa bahan berikut ini bisa menjadi inspirasi Anda.

Telur

Telur kerap digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Bagian putih telur bisa dijadikan masker untuk membantu mengangkat komedo pada wajah. Seluruh bagiannya pun bisa dicampurkan dengan madu atau minyak zaitun sebagai masker rambut untuk membantu merawat rambut dan membuat rambut tampak lebih berkilau.

Bengkoang

Rujak bengkoang memang sedap. Selain sedap, bengkoang telah dipercaya turun-temurun sebagai bahan untuk membantu mencerahkan kulit. Bengkoang yang dihaluskan bisa digunakan sebagai masker wajah atau lulur tubuh. Diamkan selama 30 menit hingga satu jam, lalu bilas sampai bersih. Perawatan rutin dengan bengkoang diyakini dapat membantu mencerahkan kulit.

Madu

Cairan manis yang dikumpulkan lebah ini telah kondang dengan sejuta manfaat. Madu bisa dijadikan masker untuk wajah, pelembap untuk bibir, perawatan rambut, dan bila diminum dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, madu murni dapat membantu memulihkan luka pada kulit dan mengatasi jerawat. Namun sebaiknya pilih madu murni, bukan yang telah dicampur gula atau air.

Kunyit

Bumbu dapur ini sejak dulu telah sering digunakan sebagai salah satu bahan lulur tubuh dan berfungsi membantu mencerahkan kulit wajah. Ini karena kunyit memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti kurkumin, vitamin C, serta bahan antioksidan. Selain untuk lulur dan jamu, kunyit dapat digunakan untuk membantu mengatasi lingkaran hitam pada mata dan noda kehitaman pada wajah.

Lidah buaya

Khasiat lidah buaya tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang menggunakan lidah buaya untuk membantu merawat rambut. Namun, tidak hanya itu. Lidah buaya dapat membantu meredakan luka bakar dan mencegah munculnya bekas luka. Kandungan lidah buaya pun dikenal dapat membantu melembapkan kulit. Namun, pastikan mencuci lidah buaya dengan bersih hingga terbebas dari bagian gel-nya untuk mendapatkan daging lidah buaya yang bermanfaat.

Garam

Semua garam di Indonesia umumnya merupakan garam laut. Ya, Anda bisa menggunakan garam untuk membantu eksfoliasi kulit. Gunakanlah garam kasar sebagai garam mandi dan gunakan dengan cara membalurkannya pada kulit. Garam ini akan membantu meluruhkan sel kulit mati pada kulit. Namun, jangan menggunakan garam kasar terlalu sering karena kulit akan mudah kering. Anda bisa menggunakan garam untuk membersihkan kulit maksimal 2 kali dalam seminggu. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments