foto2803

Agar Magang Berujung Pengangkatan

Mendapat kesempatan magang, apalagi di sebuah perusahaan besar, merupakan kesempatan emas untuk menapaki karier. Agar magang bisa membuahkan hasil gemilang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Selama magang, calon karyawan baru akan dinilai dari segi kelayakan untuk diangkat menjadi karyawan tetap. Beda lagi untuk mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti magang. Bagi mahasiswa tingkat akhir, proses magang sangatlah penting karena bisa menjadi salah satu penentu kesiapan mereka untuk terjun ke dunia kerja nantinya.

Bila seseorang berhasil melewati masa magang dan mendapatkan penilaian yang bagus, seorang mahasiswa atau calon karyawan baru pun bisa mendapatkan penawaran kerja di lokasi magang. Sebaliknya, bila selama masa magang penilaian buruk, peluang pekerjaan pun bisa melayang.

Walaupun ada beberapa aspek penilaian, ada beberapa cara agar masa magang berjalan mulus. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Tampilan terbaik

Don’t judge book by its cover tidak berlaku dalam dunia kerja. Bagaimanapun juga, penampilan yang rapi, sopan, dan mencerminkan sikap profesional akan lebih disukai rekan kerja dan atasan dibandingkan pemagang yang berpenampilan berantakan. Jadi, sesuaikan gaya berpakaian dengan dunia kerja.

Penampilan tidak hanya dilihat dari segi fisik. Sikap yang sopan, ramah, terbuka, dan mau bekerja sama dalam tim juga akan disukai sebagai karyawan. Untuk itu, janganlah menunggu orang lain memperkenalkan diri, cobalah berkenalan terlebih dulu dengan karyawan lain. Meskipun masa magang Anda singkat atau Anda tidak berminat bekerja di lokasi terkait, tetapi Anda telah mendapatkan jejaring atau networking.

Pembelajaran

Proses belajar yang sesungguhnya Anda dapatkan selama masa magang. Jadi, janganlah ragu mempelajari sesuatu yang baru meskipun terkesan sulit. Bertanyalah jika Anda tidak mengerti tentang pekerjaan yang ditangani. Rajinlah mencatat hal-hal baru yang didapatkan. Bila senggang, Anda bisa meminta pekerjaan atau membantu pekerjaan karyawan lain dalam tim.

Kesalahan saat masa magang adalah wajar. Namun, yang paling penting adalah cara memperbaiki kesalahan dan mampu mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya. Cobalah bersikap aktif. Misalnya, melontarkan ide-ide saat rapat berlangsung. Meskipun ide-ide Anda sederhana, tetapi Anda telah berkontribusi dan menunjukkan keseriusan dalam bekerja.

Profesional

Sikap profesional juga bisa mengarah pada ketaatan terhadap peraturan. Contohnya sederhana, seperti datang sebelum jam masuk kantor, menghormati atasan, menjaga relasi baik dengan klien dan pelanggan, dan mentaati tata tertib perusahaan.

Menjaga diri untuk tidak mencampurkan urusan pribadi dengan pekerjaan juga salah satu sikap profesional. Selain itu, menyikapi konflik dengan cara mencari jalan keluar juga menunjukkan profesionalitas. Demikian juga dengan mengerjakan tugas sesuai aturan dan memberikan respon yang baik atas setiap masukan ataupun kritik. Dengan sikap yang profesional, perusahaan tempat magang pun akan menghargai karyawan magang. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments