foto2403

Bebas dari Bintik Hitam yang Mengganggu

Bintik atau flek hitam di wajah bisa mengganggu penampilan. Memang, bintik hitam bisa ditutupi sementara dengan mengoleskan foundation atau concealer. Tapi kalau Anda bisa mencegah agar tak cepat muncul, mengapa tidak?

Munculnya flek hitam sebenarnya adalah salah satu tanda proses penuaan kulit. Flek hitam ini kebanyakan muncul ketika usia mulai menginjak 30-an. Dengan perawatan wajah yang tepat, flek hitam bisa tidak terlihat. Namun, jika perlakuan pada kulit wajah sudah buruk sejak usia muda, jangan heran bila flek hitam muncul lebih cepat, bahkan saat usia 20-an sekalipun.

Pemicu munculnya flek hitam cukup banyak. Berikut ini adalah di antaranya.

Iritasi

Faktor iritasi kulit juga bisa memicu flek hitam. Jerawat, misalnya. Sebenarnya, jika jerawat ditangani dengan baik, iritasi berkepanjangan tidak akan muncul dan kulit pun bebas dari flek hitam. Sayangnya, banyak orang “hobi” memencet jerawat. Jerawat yang kerap ditekan-tekan atau dipencet justru bisa memicu iritasi yang lebih parah. Penyembuhannya pun akan lebih lama. Meskipun sembuh, noda gelap bekas jerawat bisa saja tidak mudah hilang dan bisa menjadi noda hitam di wajah.

Polusi

Saat berada di lingkungan berpolusi dalam jangka waktu lama, tubuh akan memproduksi antioksidan dan melepaskan melanin. Produksi melanin ini dikeluarkan dalam jumlah banyak untuk melawan kerusakan akibat polusi. Produksi melanin yang banyak ini akan mengakibatkan munculnya flek hitam di wajah.

Sinar matahari

Tinggal di negeri tropis seperti Indonesia membuat kita perlu terbiasa menghadapi paparan sinar matahari sepanjang tahun. Meskipun paparan sinar matahari menyehatkan pada jam-jam tertentu, sinar ultraviolet A dan B (UVA dan UVB) bisa berpengaruh buruk pada kulit. Salah satunya adalah menyebabkan timbulnya flek hitam pada wajah. Jika Anda jarang menggunakan tabir surya sejak usia masih muda, risiko munculnya flek hitam pada wakah akan semakin besar.

Kosmetik

Meskipun dikenal mempercantik wajah, sejumlah bahan dalam kosmetik bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Biasanya, jenis kosmetik yang bersifat fotosensitivitas atau sensitif pada cahaya matahari adalah kosmetik yang mengandung banyak parfum. Namun, bukan berarti semua kosmetik yang beraroma wangi bersifat fotosensitivitas. Langkah amannya, sebaiknya pilih kosmetik yang aromanya tidak terlalu wangi atau wanginya samar.

Hormonal

Saat usia semakin bertambah, flek hitam lebih rentan timbul. Ini bisa terjadi akibat perubahan komposisi hormon pada perempuan. Selain usia lanjut, ketidakseimbangan hormon juga bisa terjadi saat seorang perempuan memasuki masa kehamilan dan melahirkan.

Selain yang telah disebutkan tadi, pemicu flek hitam lainnya juga cukup banyak. Di antaranya adalah akibat pola makan tidak sehat, kebiasaan buruk seperti merokok, ataupun konsumsi obat-obatan tertentu. Jika tak ingin flek hitam muncul lebih cepat, sebaiknya lakukan langkah antisipasi. Berikan perlindungan menyeluruh untuk kulit wajah dengan pemakaian tabir surya (sunscreen/sunblock).

Jagalah daya tahan tubuh dan cegah penuaan dini dengan pengaturan pola makan sehat, istirahat teratur, menjauhi stres, dan cukup istirahat. Konsumsilah air putih yang cukup setiap hari. Kecukupan air putih akan membantu menjaga metabolisme dan membuat kulit tampak lebih kenyal dan lembab. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments