foto2203

Mencari Akomodasi untuk Studi

Akomodasi merupakan salah satu faktor penting yang memberikan ketenangan dalam proses belajar di luar negeri. Namun mencari akomodasi yang cocok juga ternyata tak mudah.

Mencari tempat tinggal atau akomodasi di luar negeri mungkin akan terasa lebih susah karena faktor jarak. Anda perlu mencari di internet tempat tinggal, mencari informasi seputar tempat tinggal di negara tujuan, atau mencari kenalan yang bisa membantu mencarikan lokasi. Meskipun kelihatannya lebih susah, sebenarnya pilihannya lebih beragam.

Karena memang tak mudah, alokasikan waktu jauh-jauh hari untuk mencari tempat tinggal selama studi di luar negeri. Perhatikan faktor jarak dari tempat tinggal ke kampus dan sejumlah tempat publik lainnya. Kondisi lainnya seperti lingkungan sekitar, keamanan, dan fasilitas juga masuk hitungan. Barulah setelah mendapatkan sejumlah kriteria, Anda bisa memutuskan untuk memilih tempat tinggal.

Jika di Indonesia kita lebih sering mendengar tentang kos atau sewa rumah (kontrak), pilihan tempat tinggal di sejumlah negara bisa lebih bervariasi. Berikut ini adalah di antaranya.

Asrama

Sebutan lainnya, student housing. Biasanya, sejumlah kampus bergengsi di luar negeri menyediakan asrama yang berlokasi di area kampus atau di luar kampus tetapi lokasinya berdekatan. Asrama bisa diperuntukkan bagi mahasiswa tahun pertama. Namun, ada juga asrama yang terbuka untuk para mahasiswa asing.

Soal fasilitas, keamanan, dan layanan konsumsi harian biasanya terpenuhi di asrama. Kampus pun umumnya akan bertanggung jawab jika ada masalah atau kerusakan dalam asrama. Meskipun demikian, sebaiknya galilah informasi lebih banyak lagi seputar peraturan asrama, biaya yang dikeluarkan, dan kondisi asrama aslinya.

Homestay

Anda pun bisa mendapatkan homestay di negara bersangkutan. Dengan tinggal ala homestay, Anda bisa tinggal bersama di rumah warga setempat. Biasanya, ada keluarga tertentu yang menyediakan kamar untuk mahasiswa asing. Namun, hal ini untung-untungan. Meskipun terkesan lebih ekonomis dan nyaman karena tinggal di rumah, kecocokan dengan induk semang juga akan mempengaruhi kenyamanan. Dengan fasilitas yang relatif lengkap dan berbagai kemudahan, Anda juga perlu bersosialisasi dengan keluarga yang empunya rumah ketika memilih homestay.

Rumah atau apartemen

Jika dana bukan masalah, Anda bisa menyewa rumah untuk ditinggali bersama teman-teman atau menyewa apartemen. Soal harga, bisa relatif. Namun, untuk mendapatkan rumah atau apartemen, Anda perlu mencari dan memilihnya sendiri. Perawatan rumah atau apartemen serta pengisian perabotannya juga perlu dipertimbangkan. Keunggulannya, dengan tinggal di rumah sewa atau apartemen, Anda bisa lebih bebas dan leluasa beraktivitas dan mengatur isi dalamnya. Namun, biaya lain-lainnya bisa jadi terasa lebih besar.

Bila Anda menyewa rumah atau apartemen bersama beberapa teman, buatlah peraturan tertulis soal tata tertib pemeliharaan apartemen. Pun hal-hal lain yang dirasa perlu. Tinggal bersama rentan mendatangkan konflik atau gesekan.

Sebaiknya pilih tempat tinggal sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Perhitungkan dan bandingkan plus-minusnya. Karena tempat tinggal ini akan menjadi hunian selama masa pendidikan, pastikan Anda atau putera-puteri Anda betah tinggal di sana. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments