foto3

Mencicipi Transportasi yang Memanjakan

Sistem transportasi umum yang nyaman dan cepat adalah impian masyarakat. Tak terkecuali warga Bintaro, yang umumnya bekerja di ibu kota Jakarta. Sistem transportasi di Singapura dan Malaysia ini bisa jadi impian warga Bintaro.

Namun memang rasanya tak adil membandingkan sistem transportasi di Jakarta dengan ibu kota negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Tetapi harus diakui sistem transportasi umum di Indonesia masih kalah jauh dengan dua negara tetangga tersebut.

Untuk membuka mata kita akan pentingnya transportasi umum yang nyaman. Cobalah menggunakan transportasi umum kemanapun Anda pergi ketika mengunjungi Singapura dan Malaysia. Kedua negara ini memiliki area jalan yang rapi, bersih, dan tertata karena mayoritas masyarakatnya mengandalkan sarana transportasi umum yang saling terintegrasi.

Singapura

Di Singapura, kita mengenal MRT. Hampir setiap ujung Singapura, mulai dari Bandara Changi hingga Woodland yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia terhubung dengan MRT. Jalur MRT Singapura pun terkoneksi atau berdekatan dengan sejumlah tempat wisata populer. Anda hanya perlu berjalan keluar dari stasiun MRT tertentu dan berjalan kaki sedikit untuk menjangkau sejumlah destinasi menarik. Sebutlah di antaranya stasiun MRT di Orchard Road, City Hall, Chinatown, serta Harbour Front dan Bayfront yang tak jauh dari Marina Bay Sands dan Pulau Sentosa.

Cara naik MRT pun mudah, Anda hanya perlu membeli kartu EZ Link di mesin-mesin penjual kartu. Mesin penjual kartu ini ada di tiap stasiun. Isilah dengan nilai nominal yang sekiranya cukup untuk perjalanan Anda. Jika hanya berwisata 3 hari di Singapura, Anda bisa membeli Singapore Tourism Pass yang hanya berlaku 3 hari, bisa digunakan pada bus dan MRT, serta nilai nominal di dalamnya dapat dicairkan kembali.

Satu kartu untuk beragam transportasi.

Singapura juga memiliki bus umum. Bus umum di Singapura ini biasanya berupa bus tingkat atau terdiri dari 2 lantai. Seperti MRT, metode pembayaran bus ini adalah dengan “tap” kartu ketika naik dan turun dari bus. Rute bus ini cukup beragam dan bisa menjangkau berbagai lokasi yang tidak bisa dijangkau MRT. Baik bus ataupun MRT di Singapura dilengkapi dengan penyejuk udara atau AC sehingga terasa nyaman.

Malaysia

Sistem transportasi umum di Malaysia pun tak bisa dipandang remeh. Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur, mempunyai sistem transportasi yang lengkap dan terintegrasi. Sebagai transportasi antarkota di Malaysia, Anda bisa menggunakan bus umum.

Hampir tiap bus antarkota di Malaysia menawarkan fasilitas yang eksklusif. Contohnya, AC, kursi empuk berlapis beludru, dan perangkat kursi yang pada bagian sandaran punggung dan sandaran kakinya bisa diatur agar nyaman untuk tidur.

Terminal terpadu yang nyaman.

Suasana terminal di Malaysia pun berbeda dengan di Indonesia. Terminal bus di Malaysia, meskipun cukup ramai, terasa bersih, aman, dan nyaman. Loket tiket bus berada di area khusus yang terpisah dengan kantin atau area makan. Bahkan, terminal bus seperti Terminal Bersepadu Selatan yang berlokasi di Kuala Lumpur tampak megah dan mewah layaknya bandara. Tersedia ruang tunggu, eskalator, toko oleh-oleh yang mirip swalayan, dan suasana terang benderang yang memberikan rasa aman.

Untuk transportasi kereta, Malaysia tak kalah dengan Singapura. Malaysia memiliki sejumlah varian kereta dengan jalur yang berbeda untuk tujuan tertentu. Misalnya, MRT, LRT, dan kereta cepat tujuan khusus.

Sedikit berbeda dengan Singapura yang hanya mengandalkan kartu, di Malaysia, selain kartu khusus, Anda juga bisa mengakses kereta dengan koin. Koin ini bisa didapatkan di mesin penjual koin di sejumlah stasiun kereta. Cara pemakaiannya pun sama seperti kartu, yaitu dengan cara “tap”.

Koin yang berfungsi sebagai tiket.

Menariknya, kartu untuk naik kereta di Malaysia lebih multifungsi. Dengan pengisian hingga mencapai saldo tertentu layaknya mengisi pulsa, kartu ini bisa digunakan untuk berbelanja di minimarket atau berobat di rumah sakit. Dengan segala kemudahan ini, Indonesia perlu belajar dari negeri-negeri Jiran untuk menata ulang sistem transportasinya. [KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments