foto4

Penawar Dahaga Khas Malaysia

Tak hanya makanan, minuman pun bisa jadi daya tarik wisata. Beberapa minuman yang banyak dijajakan di Malaysia, contohnya. Dapat mengundang orang untuk kembali datang mencicipinya.

Malaysia tak ubahnya Indonesia dalam segi cuaca. Sama-sama berada di kawasan tropis, Malaysia juga mendapat limpahan cahaya matahari tiap hari. Di tengah terik matahari, momen paling nikmat adalah ketika mengguyur kerongkongan dengan segelas minum dingin. Dahaga hilang, segar pun datang.

Dari segi rasa, kuliner Malaysia tak jauh beda dengan Indonesia. Meskipun demikian, Malaysia memiliki jenis minuman tersendiri yang tidak ditemukan atau jarang bisa dijumpai di belahan dunia lainnya.

Salah satu yang paling beken adalah teh tarik. Kepopuleran teh tarik ini menyebar hingga ke Indonesia. Anda dengan mudah menemukan teh tarik, baik dalam sajian panas atau dingin dengan tambahan es. Teh ini memang khas, karena selain rasanya yang enak, proses pembuatannya pun unik, yaitu dengan cara dituang dari satu gelas ke gelas lainnya sambil digerakkan mendekat dan menjauh. Seperti ditarik-tarik. Tujuannya agar teh dan susu tercampur rata. Namun selain teh tarik, ada minuman istimewa lainnya di Malaysia yang sayang jika dilewatkan ketika Anda berkunjung ke sana.

Sirap bandung

Mendengar namanya pertama kali, mungkin Anda sedikit bingung dan tidak yakin. Meskipun menggunakan embel-embel nama “bandung”, ibu kota Provinsi Jawa Barat di Indonesia, minuman ini bukan berasal dari Bandung. Sirap bandung adalah sejenis minuman sirup pandan, sirup rasa mawar, dan susu kental manis yang dicampur menjadi satu.

Sirap bandung dan ais limau yang cantik segar.

Hasilnya, Anda akan mendapati segelas minuman warna merah muda. Sepintas, minuman ini akan mengingatkan kita pada es soda gembira. Namun, dari rasa, sedikit berbeda. Rasa frambos tidak begitu terasa di sini. Sirap bandung juga tidak menggunakan soda. Soal rasa, Anda harus mencobanya sendiri. Campuran sirup di dalamnya menerbitkan aroma dan rasa yang nikmat. Tambahan susu kental manis membuat minuman ini lembut membelai lidah. Rasanya akan terngiang meskipun Anda telah meninggalkan Malaysia.

Ais kacang

Jika merasa agak bingung dan aneh dengan sebutannya, marilah kita sepaham menganggap minuman ini sebagai es kacang merah. Dalam satu porsi ais kacang, Anda akan menemukan kacang merah, es serut, kolang-kaling, dan terkadang ditambah dengan mutiara dari sagu atau pipilan jagung. Minuman ini makin sedap dengan tambahan sirup dan susu kental manis.

Carrot milk

Seperti namanya, minuman ini terbuat dari wortel atau carrot dalam bahasa Inggris dan susu atau milk. Sebagian menyebutnya carrot susu. Mendengar namanya, mungkin Anda sangsi. Duh, apa rasanya wortel dicampur susu?

Carrot milk yang sehat.

Pertama kali mendengar minuman ini, EBIN pun tidak bisa membayangkan rasanya. Campuran wortel dan susu sepertinya tidak menarik. Ternyata, salah. Perpaduan jus wortel dan susu ini sangat sedap. Wortel, meskipun rasanya dominan, namun ketika berpadu dengan kelembutan susu menghasilkan rasa yang segar, manis, dan nikmat. Tak ada aroma langu dari wortel. Tampilannya pun menggoda, oranye muda atau peach.

Ais Jagung

Olahan jagung dalam bentuk makanan atau minuman cukup banyak di Malaysia. Salah satu yang paling banyak ditemukan adalah ais jagung atau es jagung. Ais jagung ini sebenarnya adalah jagung pipil yang diblender hingga halus dan ditambah gula. Disajikan dingin, minuman ini memiliki rasa yang tak kalah unik.

Ais limau

Limau adalah jeruk nipis di Malaysia. Sebenarnya minuman ini tidak begitu istimewa dan banyak ditemukan di Indonesia. Namun, penyajian es jeruk nipis atau ais limau ini sedikit unik. Anda bisa menemukan potongan jeruk nipis di dalam gelas. Jangan khawatir, jeruk nipis ini sudah dicuci bersih sehingga segelas ais limau pun aman dinikmati. Rasanya pun segar dan nikmat. [KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @FOLLOWINSTAGRAM

Comments

comments