foto1403(1)

CV yang Memikat HRD

Sebagai kesan pertama, itulah CV (curriculum vitae). Oleh karena itu CV harus dibuat sebaik mungkin agar kesan pertama bisa memikat bagian perekrutan pegawai atau sumber daya manusia (HRD).

CV layaknya imaji diri sendiri dalam bentuk ulasan singkat ketika melamar kerja. Jika CV tak menarik, HRD perusahaan bisa dengan mudah menyingkirkan CV Anda. Apalagi jika saingan Anda sangat banyak, dan CV Anda berada di tumpukan CV-CV lain. Kemungkinan untuk mendapat panggilan seleksi kerja tahap selanjutnya akan sangat kecil bila CV Anda, yah…..biasa saja.

Kita bisa saja berpikir informasi dalam CV sudah sangat bagus dan layak direkomendasikan. Namun, jika CV tidak menarik bagi HRD karena alasan tertentu, berkas CV pun tidak akan dilirik. Untuk itu, kita perlu menyusun CV agar tampak menarik atau lebih menonjol dibandingkan CV lainnya.

Informasi dan data

Sajikan informasi dan data yang lengkap dalam CV. Ini bisa mulai dari penulisan nama lengkap, alamat tempat tinggal, pendidikan, keterampilan lain di luar bidang akademis yang bisa mendukung pekerjaan, pengalaman kerja, serta pelatihan dan workshop.

Janganlah sekadar mencantumkan informasi, misalnya tentang lama bekerja. Namun, berikan informasi lain lebih mendetail. Sebagai contoh, memasukkan data waktu ketika menjalani pelatihan dan sertifikat keikutsertaan sebagai lampiran. Jika informasi dan data seputar pengalaman kerja atau organisasi terlalu banyak, seleksilah hanya yang terbaik dan berpotensi “menjual” diri Anda.

Pemakaian bahasa Inggris

Meskipun Anda memasukkan lamaran untuk perusahaan di Indonesia, menyusun CV dengan bahasa Inggris bisa tampak lebih menarik. Anda bisa mencari contohnya di internet atau mereka ulang kata-kata dan kalimatnya sendiri.

Namun, hindari pemakaian bahasa Inggris yang terlalu “canggih” jika pada kenyataannya, kemampuan bahasa Inggris Anda terbatas. Lebih baik, susunlah CV dalam bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan diri dan pemahaman Anda tetapi pastikanlah tidak ada kesalahan dalam penulisan kata dan penggunaan grammar.

Tampilan foto

Dalam menyusun CV, sebaiknya pilih foto terbaik Anda. Jangan hanya sekadar mengenakan jas pada saat difoto, tetapi tampilkan pesona diri sendiri. Anda bisa mengenakan kemeja yang rapi dalam tampilan foto. Jika ingin melamar di dunia kreatif, Anda bisa lebih bereksplorasi dengan menampilkan foto yang lebih kasual dan atraktif tetapi tetap sopan. Sebaiknya gunakan foto yang berwarna. Jika hasil foto kurang bagus, tidak perlu ragu untuk melakukan pemotretan ulang agar foto pada CV lebih menarik.

Desain

Menyusun CV dan menampilkannya dalam kertas HVS putih itu merupakan hal biasa dan sangat umum. Jika Anda ingin membuat CV agar tampak menarik, cobalah berkreasi dengan memasukkan warna-warna di dalamnya. Namun, tetaplah menampilkan kesan formal dan profesional dalam CV. Untuk desain CV yang lebih berwarna tetapi tidak berlebihan, Anda bisa menyontek desainnya dari internet.

Tampil beda

Bidang kreatif bisa memberikan keleluasan dalam mengeksplorasi CV. Jika Anda berniat melamar pekerjaan di dunia kreatif, permainan desain dan tampilan CV pun bisa lebih beragam. Misalnya, Anda menggunakan lembar pengantar CV layaknya tampilan kartu pos, bisa juga menampilkan CV dalam bentuk tampilan presentasi yang disimpan dalam CD. Jika ingin melamar profesi dalam dunia perfilman atau periklanan digital, Anda pun bisa merangkai CV dalam bentuk video. [KUL]

 

Foto: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments