foto1

Camilan Lembut Anti-Gerah dari Singapura

Saat asyik selfie dengan latar belakang Merlion, jangan lupa membeli es krim potong khas Singapura yang banyak dijajakan di sana. Lidah Anda pasti akan langsung bertekuk lutut dengan kelembutannya.

Apalagi cuaca Singapura yang panas sangat mendukung kegiatan ini. Dibandingkan Indonesia, Singapura memang tidak banyak memiliki variasi makanan atau minuman khas. Namun, kita bisa dengan mudah mendapatkan es krim khasnya.

Pilih roti atau wafer

Bentuk es krim ini sederhana saja. Disajikan dalam potongan balok, kira-kira selebar telapak tangan orang dewasa, es krim ini mempunyai rasa yang nikmat. Biasanya, es krim khas Singapura disajikan dengan dijepit pada roti tawar. Namun, ada juga yang menyajikannya dengan lembaran wafer tipis. Jika tidak ingin tangan berlepotan es krim, sebaiknya pilih es krim yang dijepit di antara roti tawar. Rongga-rongga dalam roti tawar akan menyerap lelehan es krim.

Es krim paling enak dinikmati sambil menikmati pemandangan.

Sebaliknya, jika Anda memilih es krim yang berlapis dua lembaran wafer, es krim yang meleleh tidak bisa menyerap sempurna dalam wafer. Akibatnya, lelehan es krim ini mudah mengalir pada tangan. Dengan cuaca yang terbilang cukup panas, es krim khas Singapura memang lebih cepat meleleh.

Soal rasa, es krim ini menawarkan beragam varian. Paling populer, tentunya es krim rasa stroberi, cokelat, dan vanila. Namun, Anda pun bisa menemukan varian rasa lain. Misalnya, durian. Rasa yang satu ini menjadi favorit dan mengundang rasa penasaran sejumlah orang. Namun, tenang saja. Es krim rasa durian tidak terlalu menyengat baunya layaknya aroma durian asli.

Es krim khas Singapura ini rata-rata memiliki cita rasa yang lembut. Disajikan dalam bentuk balok panjang, penjual es krim khas Singapura biasanya akan memotong menjadi potongan balok yang lebih kecil. Selain dilengkapi dengan roti tawar atau lembaran wafer, es krim ini juga dilengkapi kertas roti atau plastik agar tangan tidak kotor saat memegangnya.

Es krim yang dijepit dengan wafer.

Di mana bisa mendapatkan es krim ini? Asalkan Anda menjejakkan kaki di sejumlah obyek wisata populer Singapura, es krim potong ini mudah dijumpai. Selain di seputaran patung ikonik Merlion, Anda bisa mendapatkannya di Orchard Road. Di Merlion bahkan Anda bisa menemukan penjaja es krim potong yang melayani pembelian, baik dalam mata uang rupiah ataupun dollar Singapura.

Jika tidak ingin ke Singapura, es krim potong ini juga mulai diadopsi di Indonesia dan ditawarkan di sejumlah mal atau pusat perbelanjaan. Namun, kenikmatannya tentu berbeda dengan menjilati segar-dinginnya es krim ini sambil menatap Merlion dengan lanskap Marina Bay Sands. Ditemani angin laut yang lembab, gerah pun terusir di Singapura.  [KUL]

 

Foto-foto: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments