foto1003

Penuaan Dini Bikin Jeri

Menjadi tua memang alami. Tapi kalau cepat tua alias penuaan dini, tentu tidak ok. Kenali ciri-cirinya agar Anda bisa segera mencegahnya.

Penuaan dini diartikan sebagai proses munculnya tanda-tanda penuaan sebelum waktunya. Sebagai contoh, pada usia 20-an, kulit wajah yang seharusnya masih dalam kondisi prima ternyata mulai mengalami keriput. Padahal, umumnya keriput muncul di atas usia 30-an. Tidak hanya muncul di permukaan kulit, penuaan dini juga memengaruhi sistem metabolisme tubuh.

Tentu saja, keadaan tersebut bukan hanya memengaruhi penampilan. Kondisi tubuh pun akan ikut terpengaruh. Ini yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Agar penuaan tidak melaju dengan cepat, kenali tanda-tandanya. Dengan begitu Anda bisa segera mengambil langkah untuk memperbaikinya. Siapa tahu, Anda nantinya bisa terlihat jauh lebih muda.

Rambut

Tampilan rambut pun bisa menunjukkan ada tidaknya ciri penuaan dini. Biasanya, rambut yang mengalami penuaan dini cenderung beruban. Namun, tidak semua uban yang tumbuh adalah indikasi penuaan dini, karena bisa jadi uban tumbuh karena faktor keturunan/genetis, pemakaian produk perawatan rambut yang tidak cocok selama bertahun-tahun, atau akibat stres. Penuaan dini juga menyebabkan rambut menjadi kasar, kusam atau tidak bercahaya, dan mudah patah. Rontok berlebihan juga bisa menjadi tanda penuaan dini pada rambut.

Mata

Garis-garis halus di sekitar mata atau munculnya kerutan adalah tanda umum penuaan dini. Tanda lainnya, kelopak mata turun dan yang paling parah, adalah ketika mata menunjukkan gejala-gejala katarak dan disertai kemampuan penglihatan yang menurun.

Wajah

Kerutan tak hanya tampak di sekitar area mata. Garis-garis halus pada wajah yang menjadi tanda penuaan dini bisa muncul di bagian garis atau lekukan senyum. Kerutan juga bisa muncul di bagian dahi atau antara kedua mata.

Kulit

Penuaan dini juga menunjukkan tanda-tanda umum menyeluruh pada tubuh, yaitu pada bagian kulit. Kulit yang mengalami penuaan dini cenderung kering, kasar, dan tampak kusam serta mudah berkerut. Ini akibat kolagen yang mendukung kekenyalan kulit berkurang. Demikian juga dengan elastisitas kulit yang menurun. Tingkat kelembapan alami kulit yang berkurang juga memicu kulit yang kering.

Daya tahan tubuh

Penuaan dini dapat membuat daya tahan tubuh berkurang. Indikasinya antara lain tubuh mudah lelah, sulit berkonsentrasi, dan kehilangan stamina atau kurang berenergi. Jika mengalami sakit, masa penyembuhan menjadi lebih lama daripada biasanya. Bahkan untuk gangguan kesehatan sederhana seperti flu sekalipun.

Berat badan

Salah satu tanda penuaan dini yang bikin khawatir adalah mudahnya kenaikan berat badan, sebaliknya susah untuk turun. Ini terjadi akibat proses metabolisme tubuh yang melambat. Biasanya, tanda penuaan dini juga diikuti dengan pencernaan yang semakin lambat seperti susah buang air besar.

Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, telaah kembali gaya hidup Anda selama ini. Mungkin Anda mulai jarang olahraga dan makan sembarangan. Gaya hidup memiliki peran sangat penting dalam membuat Anda awet muda atau cepat tua. Olahraga teratur misalnya, dapat menjaga metabolisme tubuh tetap stabil atau malah lebih cepat sehingga pencernaan dan berat Anda mudah kembali normal.

Sedangkan buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang memiliki efek antioksidan. Antioksidan ini diperlukan untuk menghalau radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments