foto0703

5 Hal Penentu Harga Produk yang Sering Terlewatkan

Salah menentukan harga, bisa membuat bisnis yang baru berjalan merugi. Walaupun tampaknya barang Anda cukup banyak peminat.

Penentuan harga bisa meleset karena ada beberapa komponen krusial yang luput Anda perhitungkan ketika mematok harga barang. Bila itu terjadi, jangan heran bila keuntungan Anda tetap tak seberapa padahal produk Anda mulai laris manis.

Karena itu, coba telaah lagi harga yang Anda patok untuk produk Anda. Ada komponen-komponen yang tidak boleh dilupakan ketika menentukan harga produk atau layanan. Inilah beberapa di antaranya:

Bahan baku

Harga dipengaruhi oleh bahan baku, itu sudah pasti. Namun yang perlu dicermati adalah jika bahan baku riskan mengalami perubahan harga. Misalnya, jika Anda mengandalkan bahan baku impor dengan nilai tukar mata uang yang kurang stabil. Sebagai antisipasi, sebaiknya jangan perhitungkan harga bahan baku hanya sesuai harga sebenarnya. Anda bisa menyusun perhitungan lain dengan penambahan biaya untuk bahan baku jika terlihat tanda-tanda kenaikan harga bahan baku impor. Anda juga perlu memprediksi jika harga bahan baku berubah-ubah sesuai nilai tukar mata uang. Caranya dengan memasukkan biaya lain sebagai cadangan.

Gaji pegawai

Masalah penggajian ini terkait dengan tugas dan tanggung jawab tiap pegawai, sesuai posisi dan jabatannya. Dalam menentukan harga barang atau jasa, aspek tenaga yang dikeluarkan oleh pegawai juga perlu dihitung. Namun, penggajian untuk pegawai dalam sektor industri manufaktur tentunya akan berbeda dengan industri di bidang jasa. Sebagai contoh, pegawai pabrik tekstil akan memiliki penggajian yang berbeda dengan pegawai hotel.

Biaya distribusi

Jika produk barang ditujukan untuk pasar luar kota atau luar negeri, sebaiknya hitung biaya distribusi atau pengiriman barang. Tambahkan biaya pengiriman dengan bea dan cukai bila ada. Biaya distribusi di tiap kota atau tiap negara sangat mungkin berbeda. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan biaya rata-rata untuk mempermudah hitungan.

Peralatan

Tidak hanya bahan baku, peralatan yang digunakan untuk membiayai produksi barang atau mendukung layanan jasa juga perlu dihitung. Sebagai contoh, Anda perlu memberikan seragam untuk para pelayan di restoran yang baru dibuka. Walaupun ini terdengar sederhana, biaya untuk tampilan para pelayan restoran perlu dimasukkan ke dalam bujet. Jika peralatan yang digunakan adalah mesin-mesin, perhitungan biaya penyusutan mesin juga perlu dimasukkan dalam perhitungan keuangan.

Sewa lokasi

Berkantor dipusat bisnis tentunya akan menyedot biaya sewa yang cukup tinggi. Sebaliknya, jika Anda memiliki tempat atau lahan sendiri untuk membuka usaha, harga sewa memang akan hilang. Namun, masih ada biaya penyusutan bangunan dan biaya perawatan bangunan yang tidak boleh luput dari perhatian.

Sewa lokasi dan peralatan memang tidak secara langsung terkait dengan harga barang atau jasa. Namun, keduanya bisa dihitung sebagai salah satu komponen untuk menentukan kenaikan harga dari harga barang sesungguhnya (mark up) agar mendapatkan profit.

Dengan memasukkan komponen-komponen tadi, Anda bisa cukup bernapas lega karena barang atau jasa Anda telah dihargai dengan tepat. Sehingga kemungkinan merugi kecil terjadi. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments