foto0203

Yang Kerap Terlupakan Saat Merancang Kamar Mandi

Beberapa hal kecil atau sepele yang kerap terabaikan ketika merancang kamar mandi bisa mendatangkan masalah ke depannya. Kenali sebelum Anda terpaksa harus merenovasi kamar mandi.

Memang, dalam mendesain kamar mandi, sirkulasi udara, pencahayaan, dan ukuran adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Namun, ada hal lain yang terkadang luput dari perhatian. Meskipun tampak sepele, hal-hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan mengurangi aspek kesehatan di kamar mandi. Mari simak beberapa di antaranya.

Letak saluran air

Saluran pembuangan air di kamar mandi idealnya berada di ketinggian lantai kamar mandi yang paling rendah. Sayangnya, tukang bangunan yang kurang teliti bisa saja membuat lubang air ini mempunyai ketinggian yang sama dengan area lantai kamar mandi lainnya. Efeknya, akan mudah timbul genangan air. Genangan air yang dibiarkan berlama-lama bisa membuat kamar mandi menjadi licin dan membahayakan keselamatan orang yang masuk ke kamar mandi. Jadi, jika lubang saluran air kurang rendah, segeralah memperbaikinya.

Pegangan kloset

Jika Anda mempunyai anggota keluarga yang berusia lanjut atau lansia, sebaiknya perhatikan lokasi pegangan untuk kloset. Pastikan area di sekitar kloset ditambah dengan pegangan khusus untuk membantu anggota keluarga yang berusia lanjut lebih mudah duduk dan berdiri di kloset duduk.

Letak perangkat “shower”

Perangkat shower untuk mandi idealnya berada di atas ketinggian kepala, tetapi bagian selangnya masih bisa diraih dengan tangan jika ingin mengubah posisi. Namun, terkadang kesalahan sepele terjadi. Perangkat shower bisa saja tepat setinggi kepala penghuni rumah atau pengguna kamar mandi. Tentu saja ini bisa membahayakan karena kepala mudah terantuk kenop shower.

Kenop kamar mandi

Pintu kamar mandi ada yang didesain berupa kenop bulat dengan kunci di tengahnya. Namun, sebaiknya berhati-hati dengan bagian ini. Kenop yang biasanya terbuat dari logam bisa berkarat jika berada dalam area lembab seperti kamar mandi. Akibatnya, kamar mandi bisa terkunci dan sulit dibuka. Untuk itu, sebaiknya carilah opsi lain untuk mengunci bagian kamar mandi yang lebih aman. Terlebih lagi jika anak-anak juga menggunakan kamar mandi. Pastikan anak-anak mempunyai akses yang mudah untuk membuka dan mengunci kamar mandi.

Kebersihan

Buanglah anggapan kamar mandi hanya perlu dibersihkan seminggu sekali. Paling baik, area kamar mandi digosok setiap hari. Caranya adalah dengan membiasakan menggosok kamar mandi sebelum Anda mandi setiap hari. Atau biasakanlah menggosok kamar mandi pada sore hari setelah digunakan. Cara ini akan membuat kamar mandi tetap bersih. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments