ilustrasi2802

Tubuh Bugar Bisnis Lancar

Menjaga tubuh selalu fit saat perjalanan bisnis tidaklah mudah, karena jadwal yang padat kadang membuat rutinitas sehat terlewatkan. Lakukan sesuatu agar stamina tubuh tetap prima sehingga bisnis makin sukses.

Tidak mudah memang, menjaga tubuh tetap bugar sambil memastikan agar semua jadwal bisnis lancar dan sukses. Sebaliknya, stamina justru bisa turun. Keadaan inilah yang berbahaya, karena Anda bisa jatuh sakit saat acara penting. Namun susah bukan berarti tidak mungkin.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat saat melakukan perjalanan bisnis. Dimulai dari sebelum pergi.

Kondisi prima. Pastikan kondisi tubuh benar-benar sehat sebelum pergi. Bahkan flu ringan bisa makin memburuk di tempat tujuan bila dibiarkan. Jika kondisi tubuh kurang fit, sebaiknya konsumsilah obat-obatan atau vitamin untuk memulihkan diri sebelum memulai perjalanan.

Istirahat cukup. Sebelum memulai perjalanan bisnis, pastikan Anda telah mencukupkan waktu istirahat. Apalagi jika kota yang dituju membutuhkan perjalanan udara lebih dari 5 jam dan melintasi zona waktu yang berbeda. Begitu tiba di lokasi tujuan, luangkan waktu untuk beristirahat sebelum memulai aktivitas kerja.

Olahraga. Rutin berolahraga wajib hukumnya bila Anda ingin memiliki tubuh bugar dan stamina kuat. Namun sebaiknya, beberapa hari sebelum melakukan perjalanan bisnis, jangan lakukan olahraga berat atau jenis latihan baru. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang. Begitupun ketika berada di lokasi tujuan, tetaplah berolahraga. Tiga puluh menit sehari berenang atau lari di sekitar tempat Anda menginap sudah cukup membuat tubuh Anda siap menghadapi hari yang berat.

Hidrasi. Selama perjalanan atau melakukan aktivitas bisnis, pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi. Ruangan yang dilengkapi pendingin udara biasanya membuat kondisi menjadi kering. Agar tidak mengalami dehidrasi, konsumsilah air putih yang cukup.

Pilihan makanan. Sebelum berangkat, carilah informasi terkait jenis makanan di daerah tujuan perjalanan bisnis. Misalnya, ketika bepergian ke Jepang dan Anda membutuhkan konsumsi makanan halal, carilah informasinya terlebih dulu. Demikian juga ketika Anda mempunyai alergi terhadap jenis makanan tertentu. Tak usah malu memberitahukan masalah alergi Anda ketika berada di restoran atau saat dinner/lunch meeting.

Tetap sarapan. Jangan pernah lewatkan makan pagi, meski Anda harus menyiapkan meeting pada pagi hari. Karena inilah sumber energi Anda. Kalau kondisi pencernaan Anda kurang baik atau memiliki alergi terhadap bahan makanan, tanyakanlah pada petugas hotel tentang jenis dan kandungan dalam makanan.

Penyakit di kota tujuan. Jangan lupa, perhatikan kondisi kesehatan masyarakat di suatu kota atau negara. Jika kota atau negara yang dituju tengah dilanda wabah penyakit tertentu, sebaiknya tunda keberangkatan atau lakukan vaksin. Sebagai contoh, jika Anda bepergian ke Papua atau daerah Indonesia Timur lainnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi obat anti-malaria beberapa hari sebelum bepergian agar terhindar dari risiko terkena penyakit malaria. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments