foto1

Bersama Peduli Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas tak hanya dibutuhkan oleh para siswa, namun juga kalangan industri. Karena lulusan yang berkualitas akan membuat dunia industri makin bergeliat.

Begitu pula dengan SMK. Dibandingkan dengan SMA, peminat SMK mungkin jauh lebih sedikit. Padahal, dalam realitanya, dunia kerja seperti bidang industri, justru membutuhkan lebih banyak lulusan yang siap kerja praktik di lapangan. Pendidikan SMK dengan fokus studi yang spesifik dapat menjawab hal ini. Menyebut salah satunya, ada SMK Fadilah yang berlokasi di Jalan Pendidikan II, Parigi, Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan.

SMK Fadilah menawarkan 5 paket keahlian atau penjurusan. Kelima paket keahlian tersebut adalah Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Akomodasi Perhotelan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Sepeda Motor. SMK ini menawarkan pilihan yang menarik untuk pelajar yang ingin siap langsung kerja usai lulus sekolah.

Kepala SMK Fadilah, Jayadih, menuturkan, siswa-siswi SMK Fadilah membutuhkan perangkat dalam mendukung studinya. Jenis perangkat ini beragam, tergantung dari tiap jurusannya. Sebagai contoh, untuk penjurusan Teknik Kendaraan Ringan atau jurusan yang berlokasi pada kendaraan roda empat atau mobil, dibutuhkan perangkat yang sesuai.

“Tidak hanya untuk permesinan, perangkat ini juga dibutuhkan dalam pembelajaran tentang bodi, kelistrikan, dan lain-lain,” kata Jayadih. Dengan begitu, jika dukungan perangkat tepat, para lulusan SMK akan lebih siap kerja begitu lulus. Itulah sebabnya SMK Fadilah juga membuka kesempatan yang luas untuk menjalin kerja sama dengan dunia industri.

Mobil untuk para siswa

Kalangan industri pun peduli pendidikan.

Seperti dengan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM). Pada Sabtu, 25 Februari lalu, keduanya mendonasikan sebuah unit mobil untuk SMK Fadilah. Ini merupakan bagian dari kegiatan Suzuki Peduli Pendidikan, yang merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) Suzuki. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan Suzuki Indomobil Motor (SIM) telah memberikan beberapa unit mobil di beberapa sekolah di seluruh area Indonesia.

“SMK Fadilah adalah salah satu sekolah binaan PT Indomobil Multi Trada Bintaro. Dengan diberikannya 1 unit mobil Suzuki New Ertiga, kami berharap para siswa bisa belajar lebih efektif, tidak hanya teori tetapi juga langsung praktik menggunakan mesin dan kendaraan sebenarnya. Sehingga ketika lulus, mereka akan lebih siap masuk dalam dunia kerja karena sudah memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri otomotif, dan menjadi tenaga siap pakai,” kata Kuatno Pujiantoro sebagai Service Representative Manager PT Indomobil Multi Trada Group.

SMK Fadilah adalah SMK pertama yang diberi kesempatan mendapatkan donasi dari SIS melalui PT Indomobil Multi Trada Bintaro. Selain itu, SMK Fadilah akan mendapatkan pembinaan khusus dari PT Indomobil Multi Trada Bintaro agar dapat memiliki lulusan siap pakai dalam bidang teknik kendaraan.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan bantuan dari Suzuki. Semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat mempersiapkan lulusan SMK Fadilah saat masuk dunia kerja,” kata Jayadih.

[KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/NickiKula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments