foto2602

Dicari, Tempat Wisata Ramah Anak

Wisata yang harusnya menyenangkan bisa berakhir menyedihkan karena tempatnya tak sesuai bagi anak. Karena itu perhatikan hal-hal tertentu sebelum memilih tempat wisata bersama anak.

Senang sekali rasanya bila sempat mengajak anak berwisata. Apalagi jika untuk mendapatkan momen ini sangat susah. Namun, yang seringkali kita lupa adalah mencari dan menentukan lokasi wisata yang tepat dan nyaman untuk anak.

Tempat bermain atau theme park memang banyak. Ada beberapa lokasi menarik di sejumlah kota di Indonesia. Sebutlah Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta, Jungleland di Bogor, dan Jatim Park 2 di Malang. Meskipun tempat-tempat tersebut terlihat menarik, tidak semua wahana cocok untuk semua usia.

Sesuaikan dengan umur

Jika anak masih tergolong balita hingga usia SD, Anda memang perlu lebih selektif dalam memilih tempat wisata. Carilah tempat wisata yang aman untuk beraktivitas balita dan tidak masalah jika berlarian dan terjatuh. Taman kota yang terdekat dengan rumah, contohnya. Anda hanya perlu memastikan, di sekitar taman tersebut tidak ada bebatuan runcing atau kerikil tajam yang bisa melukai anak. Lapangan rumput yang luas cocok untuk anak usia balita. Selain itu, anak juga perlu mengenakan alas kaki tertutup yang nyaman.

Perhatikanlah sarana permainan di sekitar taman. Jika sarana permainan mulai rusak dan berkarat, sebaiknya jagalah agar anak tidak bermain-main di dekatnya atau memainkan alat tersebut.

Ketika melepas anak untuk bermain di tempat yang dirasa aman, sangat mungkin perhatian kita akan melonggar. Ini yang perlu diwaspadai. Lina (38), mengaku tengah memainkan ponsel ketika mendengar jerit tangis anaknya. Tak disangka, anak Lina yang berumur 5 tahun terjatuh dan terluka sampai berdarah. Padahal, Lina telah meminta asisten rumah tangganya untuk mengawasi anak-anaknya.

Tentu Anda tidak ingin mengalami kejadian seperti Lina. Jadi, meskipun memiliki babysitter atau asisten rumah tangga, usahakan Anda tetap mengawasi anak-anak ketika sedang bermain.

Pilihan tempat

Sementara itu, jika Anda memilih theme park, area bermain anak mungkin lebih luas dan beragam. Namun, perhatikan ketentuan permainan di dalamnya. Permainan roller coaster biasanya mempersyaratkan tinggi badan tertentu untuk alasan keamanan. Alternatifnya, ada permainan yang lebih aman seperti carousel atau komidi putar dan bianglala.

Bagaimana dengan wisata pantai? Opsi wisata ini sebetulnya menarik. Anak-anak bisa bermain di pasir pantai yang lembut atau bermain air. Akan tetapi, hal yang kerap terlupakan adalah kondisi pantainya. Pilih pantai yang berombak pelan, landai, dangkal, dan tidak banyak bebatuan karang yang tajam. Pantai pun sebaiknya bersih dari sampah dan tidak tercemar limbah. Dengan begitu, anak-anak bisa bermain dengan aman di sana.

Belakangan ini, banyak orangtua yang lebih memilih berwisata di mal. Saat berbelanja atau berjalan-jalan, anak bisa bermain di area permainan khusus untuk anak-anak. Setelah berbelanja, orangtua bisa mengajak anak pulang. Area permainan anak-anak ini umumnya memiliki keamanan yang terjamin.

Pilihan wisata untuk anak-anak lainnya adalah museum. Destinasi ini cocok untuk anak-anak usia SD hingga SMP. Museum terbilang pilihan yang aman dan sarat akan pengetahuan. Tetap saja, awasilah anak agar tidak memasuki zona terlarang atau memegang dan mengambil benda-benda koleksi museum. Bila perlu, beri pengarahan pada anak mengenai tata tertib berkunjung ke museum sebelum memasuki museum. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Istimewa

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments