ilustrasi2302

Dapur Sehat, Masakan Mantap

Sehat bisa berawal dari dapur. Karena dari sanalah makanan Anda berasal. Bahkan bila Anda sekadar memanasi makanan. Sebab itu, beri perhatian ekstra pada dapur.

Soal dapur, dalam mendesain dan menata, sejumlah aspek yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara yang baik, pengaturan aliran air yang tepat, dan kemudahan akses dari dan menuju dapur. Dapur pun sebaiknya cukup luas agar aktivitas di dalamnya lebih leluasa. Aspek kebersihan juga tidak boleh dikesampingkan.

Sampah dapur biasanya berupa sampah makanan. Jika Anda menyepelekan remah-remah roti, tumpahan bumbu, cipratan kuah, atau yang lainnya, jangan kaget jika menemukan semut, kecoa, atau bahkan tikus di dapur. Untuk itu, biasakanlah menjaga kebersihan dapur setiap hari.

Selain dari segi desain dan kebersihan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan dapur sehat dan ramah lingkungan.

  1. Jika Anda menggunakan kompor gas, pastikan meletakkan tabung gas di area luar rumah. Anda bisa membuat saluran kecil menembus tembok yang seukuran dengan diameter selang tabung gas. Cara ini untuk menghindarkan tabung gas bocor dan kebocorannya memenuhi isi dapur dan memicu ledakan.
  1. Sediakanlah dua jenis tempat sampah. Satu tempat sampah untuk sampah organik seperti potongan sayuran, sisa nasi, dan potongan tulang. Satu tempat sampah lainnya bisa digunakan untuk sampah anorganik seperti plastik pembungkus sayuran atau styrofoam pembungkus buah. Untuk mengurangi jumlah sampah dapur, Anda bisa mengolah sampah organik menjadi kompos. Cara pembuatan kompos ini bisa didapatkan dari buku-buku atau internet.
  1. Cermati kebersihan lemari es. Biasakanlah mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Cara ini akan membantu menjaga kebersihan lemari es dari sisa kotoran yang melekat pada sayuran. Selain itu, periksalah isi lemari es secara berkala. Jika ada bahan makanan berjamur, basi, atau membusuk akibat disimpan terlalu lama, sebaiknya segera dibuang. Setelahnya, bersihkan lemari es dan cucilah setiap raknya.
  1. Bersihkan wastafel cuci piring secara berkala. Akan lebih baik lagi jika Anda membersihkan wastafel setiap kali setelah selesai digunakan untuk mencuci bahan makanan yang akan dimasak atau setelah mencuci piring. Wastafel seringkali rentan jamur atau lumut karena kondisinya yang hampir selalu lembab. Untuk itu, setelah membersihkan wastafel, segera keringkan dengan mengelapnya.
  1. Biasakanlah membersihkan kompor usai memasak. Cipratan-cipratan minyak, air, dan bumbu cair bila dibiarkan berlama-lama bisa mengundang semut dan kecoa serta dapat memicu karat pada kompor. Untuk itu, segeralah membersihkan area kompor begitu usai digunakan memasak.

6. Terakhir, sapulah dan pellah lantai dapur setiap kali usai memasak. Cara ini tidak hanya membuat lantai bersih, tetapi juga bebas dari semut, kecoa, atau serangga lainnya. [KUL]

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments