foto7

Robot Teman Bermain, Belajar, dan Berkreasi

Robot memang tak berhati. Namun mereka bisa membuat hati banyak orang, terutama anak-anak, senang. Itulah yang tampak pada The 3rd Indonesia International Robot Show (IIRS) 2017 di AEON Mall BSD City.

Orang tua dan saudara memberi dukungan dari pinggir lapangan.

”Ayo adik kakak…maju..maju..mundur,” teriak para orang tua. Teriakan penyemangat itu untuk pertandingan sepak bola. Namun ini bukan pertandingan sepak bola biasa. Soccer Robot, itulah sebutannya. Karena yang maju ke medan laga adalah para robot. Anak-anak adalah operatornya.

Namun bukan berarti pertandingannya jadi kurang seru. Terbukti Soccer Robot (gambar di atas) inilah yang mendapat peserta terbanyak pada acara itu, yaitu 95 tim, masing-masing tim rata-rata terdiri dari 3 orang. Dan setiap pertandingan tak pernah sepi dengan tawa, juga ketegangan.

Asyik bermain robot.

Selain Soccer Robot,  pada acara The 3rd IIRS 2017  yang berlangsung 14-19 Februari ini, juga digelar tujuh perlombaan robotic lain, yaitu Lego Speed Building, I-Robo Speed Building, Fast Building, Sumo Robot, Maze Solving, dan Line Follower.

Lebih mengenal robotika

Lomba Robotika ini diselenggarakan oleh One Robotics Education, lembaga pendidikan yang berdiri sejak Desember 2011. ONE Robotics Education memberikan pendidikan robotika kepada lebih dari 2500 murid di 30 sekolah terkemuka yang tersebar di Jabodetabek. Dengan metode yang sederhana dan bersahabat, One Robotics Education berharap para siswa dapat mempelajari dasar-dasar robotika dengan gembira. Tidak rumit, apalagi bikin stres.

Pengunjung sangat antusias.

Julianus Effendi Kurniawan , CEO dan Founder ONE Robotics Education mengatakan,“Indonesia International Robot Show (IIRS) dimulai dari sebuah tekad untuk mengadakan suatu event tahunan khusus dalam bidang robotika dengan skala yang besar, dan mencakup banyak kegiatan yang belum pernah diadakan di Indonesia. IIRS merupakan suatu ajang bergengsi yang didalamnya terdapat pula perlombaan robotika yang dapat dijadikan tolok ukur prestasi siswa-siswi di sekolah dalam bidang robotic. Beberapa hal dipelajari, seperti science, skill, team work, creativity, critical thinking, mathematics, mechanics, dan lain-lain.” Julian juga berharap event ini dapat semakin mengenalkan teknologi robotika kepada masyarakat yang lebih luas.

Robot menari yang dikagumi anak-anak.

Pada The 3rd IIRS 2017 ini digelar berbagai acara, ada ONE Robotics Cup, kompetisi robotik dari tingkat TK sampai dengan SMA dan umum. Ada pula Robot Exhibition yang menampilkan robot-robot koleksi ONE Robotics Education dari mancanegara. Anak-anak dan orang tua yang hanya ingin bermain juga bisa mengikuti Robotik Games yang dikhususkan untuk permainan. Selain itu digelar pula Education Fair dan workshop robotik dengan tema kategori perlombaan seperti Soccer Robot tadi.

Apapun acara atau lomba yang diikuti, yang terpenting anak-anak terlihat ceria. Ilmu eksak bisa disajikan dengan menyenangkan, sehingga talenta anak bisa terus tumbuh. Dan mereka pun akan semakin pandai dan kreatif. [GID]

Foto-foto: Etalase Bintaro/Irgi Damara

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments