ilustrasi1602

Kamar Romantis Meninggalkan Kenangan Manis

Kamar yang romantis bukan hanya untuk yang sudah berpasangan. Anda yang lajang pun bisa beristirahat dengan nyaman di kamar yang romantis.

Masih dalam suasana Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day, Anda bisa menyulap kamar tidur jadi berbeda dengan sentuhan romantisme. Berpasangan ataupun lajang, suasana kamar yang romantis bisa memberi ketenangan. Sehingga Anda dapat beristirahat maksimal setelah penat beraktivitas seharian.

Tentunya tidak harus dengan mengaplikasikan warna serba-merah muda atau pink. Apalagi jika Anda sendiri juga kurang menyukai warna tersebut. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk mengubah suasana kamar tidur menjadi lebih romantis.

Tentukan tema

Tema untuk dekorasi kamar tidur sangat beragam. Hampir semua tema bisa diterapkan untuk menonjolkan romantisme. Sebagai contoh, tema modern-minimalis, klasik, shabby chic, glamor atau mewah, dan rustic. Anda bisa menentukan tema sesuai keinginan dan selera. Dari tema besar dekorasi yang ditentukan, Anda bisa meneruskan ke tahap selanjutnya.

Pilih warna

Langkah selanjutnya adalah memilih warna. Jika tidak menyukai merah muda, ada alternatif warna lain yang bisa dipilih sebagai tema utama dalam dekorasi ruangan. Di antaranya adalah warna merah, putih, peach, atau ungu muda.

Warna bukan penentu segalanya. Meskipun memilih warna hitam, dengan dekorasi penunjang lainnya yang tepat dan penataan yang apik, kamar tidur pun bisa berkesan romantis. Pemilihan warna utama ini penting karena akan berpengaruh pada pemilihan aspek lain seperti seprai, bantal, furnitur, serta tirai dan elemen dekorasi lainnya yang sebaiknya memiliki warna senada dengan warna utama.

Lampu tambahan

Umumnya, area kamar tidur memiliki lampu utama yang fungsinya menerangi seluruh ruangan. Namun, untuk membuat suasana romantis, justru lampu yang dicari adalah lampu yang sedikit temaram. Untuk itu, tambahkan lampu dekoratif yang menyuguhkan sinar yang lebih redup.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih lampu dengan bagian kap berupa bola-bola sulam warna-warni untuk diletakkan di salah satu sisi dinding atau bagian headboard (bagian atas) tempat tidur. Atau letakkan dengan cahaya berwarna kekuningan di salah satu sudut kamar. Anda bisa berkreasi sesuka hati dalam mengatur letak lampu tambahan ini.

Tirai dan kelambu

Selain furnitur, bahan kain seperti tirai dan kelambu juga bisa lebih “dimainkan” untuk membuat suasana kamar lebih romantis. Anda bisa menambahkan tirai tambahan yang lebih tipis dan lebih panjang pada jendela agar tampak lebih menjuntai. Pasangkanlah kain tipis panjang dan susun layaknya kelambu di bagian atas tempat tidur atau bagian langit-langit di atas tempat tidur.

Bunga dan lilin

Bunga tidak pernah gagal dalam menciptakan suasana yang romantis. Pilih bunga segar favorit Anda. Anda bisa meletakkan bebungaan dalam mangkuk kaca bening berisi air atau letakkan dalam vas dan tempatkan di salah satu sudut ruangan sesuai selera.

Demikian juga lilin. Anda bisa meletakkan deretan lilin di salah satu sisi dinding yang kosong. Namun, perlu diperhatikan, jauhkan lilin dari barang-barang yang mudah terbakar seperti kain dan kertas. Jika ingin romantisme lebih kental, pilih lilin yang sekaligus berfungsi sebagai aromaterapi. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments