ilustrasi1002

Tanda-Tanda Kanker yang Perlu Diwaspadai

Bila diketahui sejak dini, penyakit kanker bisa diobati. Beberapa gejala kanker bisa dikenali asalkan Anda mencermatinya.

Penyakit kanker sangat ditakuti karena banyak orang yang beranggapan bahwa siapapun yang terkena penyakit ini harapan hidup atau sembuhnya akan sangat tipis. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Setiap orang yang mengalami kanker sebenarnya memiliki kesempatan untuk pulih jika kanker dikenali dan ditangani sejak dini.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara mengenali gejala kanker? Jawaban atas pertanyaan ini tidak ada yang mutlak. Tiap jenis kanker memiliki gejala tersendiri dan tidak bisa disamaratakan. Meskipun demikian, ada beberapa cara untuk mengetahui tingkat prevalensi kanker dengan melakukan pemeriksaan kondisi diri sendiri.

Yang perlu dicermati

Cobalah mencermati kondisi kesehatan keluarga inti dan keluarga besar. Apakah ada anggota keluarga yang mengalami kanker? Adanya anggota keluarga inti atau keluarga besar yang mengalami kanker bisa mengindikasikan resistensi genetik pada penyakit kanker. Prevalensi kanker jika ada anggota keluarga yang juga mengalami kanker bisa mencapai 10-20%. Sekali lagi, hal ini tidak berlaku mutlak. Namun, sebagai langkah antisipasi, lakukanlah pemeriksaan medis secara berkala ketika menyadari prevalensi penyakit kanker cukup tinggi.

Salah satu jenis kanker yang memiliki jumlah penderita tertinggi di dunia adalah kanker payudara. Kanker payudara biasanya ditandai dengan benjolan di sekitar area payudara. Kita perlu waspada, karena benjolan penanda kanker bisa berukuran sangat kecil, mulai seukuran sebiji kacang hijau hingga sebesar ibu jari atau lebih besar lagi. Benjolan ini biasanya disertai nyeri, tetapi bisa juga tanpa rasa nyeri. Gejala lainnya munculnya urat darah yang tidak wajar, puting masuk ke dalam payudara, kulit sekitar payudara mengerut atau seperti kulit jeruk, hingga keluar cairan dari puting.

Untuk mengetahui gejala tersebut, Anda bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) seminggu setelah menstruasi hari pertama. Untuk mengetahui lebih lengkap cara melakukan sadari, Anda bisa mencari infonya melalui internet. Cukup ketik kata kunci: sadari.

Pria juga perlu waspada terhadap kanker payudara. Kanker payudara juga menyerang kaum laki-laki meskipun jumlah penderitanya lebih sedikit. Susilo (46), pegawai negeri di Jakarta, menuturkan, ia pernah melihat memar pada dadanya yang tak kunjung sembuh. Memar tersebut membengkak dan terasa nyeri. Karena merasa curiga, Susilo memeriksakan dirinya. Terkejutlah ia begitu mengetahui hasil pemeriksaan yang menyatakan ia menderita kanker payudara.

Satu lagi jenis kanker yang mulai meningkat jumlah penderitanya adalah kanker usus besar. Kanker usus besar tidak selalu mudah dikenali. Namun, bila mengalami gejala seperti berat badan turun drastis tanpa penyebab yang jelas, perut terasa nyeri dan terjadi berulang, perubahan pola buang air besar (BAB), BAB berdarah, dan anemia, sebaiknya berhati-hati dan segeralah memeriksakan diri. Gejala-gejala tersebut bisa merupakan indikasi kanker usus besar atau kanker kolon.

Gejala jenis kanker lainnya tidak selalu sama. Namun, bila menyadari hal yang tidak wajar pada tubuh, sebaiknya cermati dan bergegaslah memeriksakan diri. Umumnya, salah satu tanda kanker sedang berkembang adalah kelelahan yang tak kunjung reda meski sudah beristirahat. Tanda lain adalah demam berkepanjangan. Cermatilah hal-hal tak biasa yang terjadi pada tubuh Anda. Harapan pulih semakin besar jika penanganan kanker dilakukan sejak dini. [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments