foto0702

Cara Mudah Meringkas Isi Koper

Agar perjalanan dinas tidak ribet, kemas isi koper dengan cerdik. Anda jadi tidak perlu repot karena barang bawaan yang berlebihan.

Mungkin Anda tak terlalu keberatan ditugaskan ke luar kota atau luar negeri. Tapi yang bikin mood Anda langsung turun adalah ketika membayangkan kerepotan menyiapkan koper. Sudahlah harus membawa barang-barang keperluan pribadi, Anda pun mesti menyediakan tempat untuk perlengkapan penunjang kerja seperti berkas-berkas dokumen atau laptop.

Persiapan perjalanan dinas akan terasa semakin ribet jika Anda ditugaskan membawa segudang perlengkapan kebutuhan kerja tim selama dinas. Misalnya, poster dan goodie bag. Untuk itu, kita perlu mencari cara agar isi koper dan barang bawaan bisa ringkas sehingga tidak menjadi beban selama perjalanan dinas.

Pilih

Tidak semua barang perlu dibawa ketika melakukan perjalanan dinas. Segera tentukan barang-barang yang menjadi prioritas. Misalnya, baju ganti beserta pakaian dalam untuk 3 hari serta keperluan kantor seperti laptop, ponsel, lengkap dengan charger.

Jika Anda menginap di hotel berbintang, perlengkapan mandi seperti sabun mandi, shampoo, dan pasta gigi tidak perlu dibawa (kecuali jika memerlukan perawatan khusus) karena telah disediakan hotel. Handuk dan sandal pun tidak perlu masuk koper karena biasanya hotel telah menyiapkannya.

Pilah

Sebaiknya pisahkan barang-barang yang dibawa sesuai keperluan. Sebagai contoh, letakkan pakaian ganti pada satu kantong khusus agar tidak mudah berceceran ketika koper dibuka. Peralatan mandi dan kosmetik perlu diletakkan dalam wadah khusus. Untuk mengantisipasi peralatan mandi tumpah dan mengotori isi koper, sebaiknya simpan dalam kantong ziplock. Agar sepatu tidak mengotori isi koper, simpanlah dalam wadah khusus.

Barang-barang penting seperti laptop, kamera, dan ponsel sebaiknya diletakkan dalam tas yang dibawa ke dalam kabin pesawat. Selain demi alasan keamanan, barang-barang elektronik juga akan lebih aman dan jauh dari risiko terbanting-banting jika dimasukkan ke dalam bagasi pesawat terbang. Begitu pula dokumen-dokumen penting lain, bila muat, masukkan bersama ke dalam tas laptop.

Pangkas

Jika Anda bepergian dengan pesawat terbang, biasanya ada batas minimal pembawaan cairan ke dalam kabin. Hindari membawa botol berisi cairan dengan ukuran 100 ml. Jika Anda ingin membawa body lotion, parfum, shampoo, dan lain-lain, lebih baik kemaslah dalam botol kecil khusus untuk perjalanan (travel pack). Hal ini menjadi pengecualian jika Anda ingin meletakkan botol berisi cairan di dalam koper yang diletakkan di bagasi pesawat terbang.

Padatkan

Letakkan barang yang paling berat di bagian paling bawah koper. Barang bawaan paling ringan diletakkan di bagian atas. Misalnya, sepatu diletakkan di bagian paling bawah. Sementara itu, bagian atas adalah scarf.

Manfaatkan ruang-ruang hingga ke sela-sela koper jika bawaan Anda cukup banyak atau kebutuhan aksesoris cukup banyak. Misalnya, letakkan jarum hijab di wadah kecil khusus dan selipkan di dalam salah satu kantong baju. Manfaatkan rongga di dalam koper untuk menyimpan jam tangan atau ikat pinggang. Meskipun memanfaatkan rongga dalam koper, usahakan tetap ada area tersisa. Kebiasaan kita dalam membeli oleh-oleh di lokasi tujuan pastinya akan menambah barang bawaan dalam koper.

Digulung atau dilipat? Pertanyaan ini barangkali sering mengganggu ketika menyimpan pakaian dalam koper. Jika pakaian Anda rentan kusut seperti kemeja, sebaiknya dilipat hingga lipatan yang cukup kecil agar tidak menyita tempat. Jika pakaian yang dibawa digunakan untuk tidur dan kerapian bukan prioritas, Anda bisa menggulungnya.

Pengaman

Ini yang tidak boleh dilupakan. Agar aman, sebaiknya pasang gembok tambahan untuk mengunci koper. Agar koper tidak tertukar, berikan penanda seperti pita merah yang diikatkan pada pegangan koper. Berikan name tag berisi kartu nama yang digantungkan pada koper. Anda juga bisa menyelipkan fotokopi KTP atau paspor di dalam koper sebagai bukti identitas cadangan. Jangan lupa, pilih koper dari bahan yang terbukti kuat, tidak mudah pecah, dan tahan banting. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments