foto0602

Perlu Diketahui, Modal Terpenting di Awal Berbisnis

Modal selalu menjadi tanda tanya besar bagi pebisnis pemula. Jangan biarkan pertanyaan soal modal menyurutkan langkah Anda, lebih baik cari info sebanyak mungkin soal modal yang diperlukan.

Perhitungan modal memang penting. Salah hitung modal tanpa memperkirakan penghasilan, bisa membuat bisnis runtuh. Namun, besaran nilai modal tidak selalu berbanding lurus dengan keuntungan. Artinya, modal besar tidak selalu menghasilkan keuntungan yang besar pula. Lalu, bagaimana cara menentukan modal ketika akan memulai berbisnis?

Menentukan besar modal

Besaran modal bisnis memang bervariasi. Akan tetapi, semuanya berpangkal dari ide bisnis yang dibuat. Jadi, langkah pertama adalah memantapkan jenis bisnis yang dibangun terlebih dulu. Modal untuk membangun perusahaan manufaktur tentu akan berbeda jumlahnya dengan modal untuk membuka restoran.

Dari jenis bisnis yang dipilih ini, akan terlihat beragam kebutuhan dan pembiayaan yang nantinya berpengaruh pada jumlah modal yang dibutuhkan. Sebagai contoh, ketika akan membuka usaha bengkel, kebutuhan biayanya antara lain sewa lokasi dan pembelian peralatan serta perlengkapan.

Karena komponen kebutuhan pembiayaan untuk bisnis berbeda, besaran modal pun pastilah berbeda. Bagi pebisnis pemula, sewa lokasi berupa ruko atau gedung perkantoran mungkin dianggap salah satu pembiayaan terbesar. Namun, jika lokasi berupa rumah atau ruko telah dimiliki, pembiayaan lokasi tentu tidak termasuk modal, tetapi tergolong dalam aset.

Dalam industri manufaktur, pembiayaan yang cukup besar umumnya terkait dengan pengadaan bahan baku dan mesin-mesin atau perlengkapan dan peralatan. Ditambah dengan penggajian pegawai atau karyawan. Begitu pula dengan industri yang bergerak di bidang telekomunikasi dan pembangunan infrastruktur.

Alokasi pembiayaan akan berbeda jika bisnis yang digeluti adalah bidang jasa. Dalam bidang jasa, kualitas layanan yang ditunjang dengan promosi gencarlah yang bisa menghasilkan respon signifikan. Pendiri jasa photobooth Moments to Go, Himawan Sutanto, berkata, ketika mendirikan bisnisnya pertama kali, biaya yang paling banyak ia keluarkan adalah biaya promosi.

Demi menawarkan usahanya dan meraih kepercayaan pengguna jasanya, Himawan rela memberikan layanan photobooth gratis di sejumlah perusahaan. Setelah berpromosi dan disukai, barulah Himawan memberikan harga atas jasa photobooth-nya. Kini, Moments to Go menjadi pelopor di jasa photobooth langsung cetak di berbagai acara, mulai dari pernikahan hingga gathering perusahaan.

Modal penting lain

Perhitungan modal untuk beragam pembiayaan sangat penting, mengingat masa awal berbisnis belum tentu profit. Meskipun modal berupa biaya tergolong penting, ada “modal” lain yang tidak kalah penting, yaitu pegawai atau karyawan. Via (42), pemilik usaha event organizer mengungkapkan, dalam memilih pegawai, ia sangat memperhatikan karakter dan pembawaan pegawainya. Para pegawai inilah yang berhadapan langsung dengan pelanggan sehingga perlu memberikan kesan positif untuk mendukung laju roda bisnisnya.

Jika karyawan atau pegawai yang baik berdampak positif, sebaliknya, karyawan yang negatif pun bisa berimbas  negatif pada bisnis. Mey (30), karyawati swasta asal Jakarta mengaku sempat membuka bisnis salon. Sayangnya, akibat tenaga kerja yang kurang kompeten dan dinilai kurang bisa melayani pelanggan dengan baik, salonnya terpaksa ditutup.

Sejumlah pelaku bisnis menuturkan, modal berupa uang bukanlah segalanya. Tentu Anda tidak menyangka, sejumlah pebisnis mengaku modal terbesar adalah diri mereka sendiri. Alasannya, dari diri sendiri, ide bisnis akan meluncur. Ide ini direalisasikan dengan usaha yang terus-menerus dan pantang menyerah, penuh ketekunan, dengan pembelajaran yang tidak kenal henti sehingga ide sederhana pun beralih menjadi bisnis raksasa. Karakter, keyakinan, dan konsistensi inilah yang membuat bisnis terwujud dan semakin berkembang. Dengan kata lain, jika Anda ingin berbisnis, siapkanlah karakter diri Anda terlebih dulu. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments