foto2(1)

Temukan Tamannya, Nikmati Suasananya, Raih Manfaatnya

Taman kota bisa Anda gunakan sebagai tempat kumpul seru bersama keluarga. Dan ternyata manfaatnya sangat banyak, dari meningkatkan kesehatan hingga menghilangkan stres.

Ida (28) merasa kebingungan mencari tempat wisata yang ramah anak ketika keponakannya memutuskan untuk berkunjung ke Jakarta. Wisata ke mal sudah pasti, tetapi Ida merasa tidak nyaman jika selama seminggu keponakannya yang baru berusia 3 tahun diajak ke mal setiap hari. “Saya ingin mengajak keponakan saya berjalan-jalan di tempat wisata yang suasananya hijau,” kata Ida.

Mencari lokasi yang serba-hijau atau asri di Jakarta memang tidak mudah. Opsinya adalah taman-taman kota atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di sejumlah lokasi di Jakarta. Meskipun beberapa RPTRA telah diresmikan, Ida merasa jaraknya cukup jauh.

Kita yang berada di Bintaro patut bersyukur karena lebih beruntung soal taman. Bintaro masih tergolong kawasan pemukiman yang memiliki banyak area hijau sehingga terkesan teduh dan nyaman. Untuk menjangkau kawasan-kawasan hijau di Bintaro pun terhitung dekat, hanya beberapa menit berkendara dengan kendaraan pribadi. Beberapa taman yang bisa Anda kunjungi di Bintaro adalah Taman Menteng, area taman Bintaro Jaya Exchange, Taman Kebayoran, dan lain-lain.

Raih manfaatnya

Bermain di lokasi yang bernuansa alam memberikan beragam manfaat bagi anak. Bermain di taman akan membuat anak bereksplorasi lebih bebas dan belajar mengobservasi atau mengamati hal-hal kecil di sekelilingnya. Misalnya, mengamati semut-semut yang berjalan beriringan atau melihat kupu-kupu yang hinggap pada sekuntum bunga. Anak pun akan mengenali area di sekitarnya. Contohnya, anak akan mengetahui dan memilih area taman yang keras dan berumput dibandingkan area berlumpur yang licin.

Mengamati hal-hal yang menarik ini akan mendorong rasa ingin tahu anak. Ketika memiliki rasa ingin tahu, otak anak akan lebih aktif dalam memproses informasi dengan cara yang menyenangkan. Daya imajinasinya pun berkembang.

Membiarkan anak bermain di taman juga akan membantu mengasah kemampuan motoriknya. Anak Anda bisa berjalan, berlari, dan melompat bebas, bahkan menari-nari. Bagaimana jika terjatuh? Anak terjatuh saat berlari adalah hal yang umum, tetapi biasakanlah agar anak berdiri cepat tanpa bantuan untuk melatih kemandiriannya.

Carilah taman yang memiliki fasilitas bermain untuk anak.

Aktivitas selama di taman juga akan membuat anak lebih banyak bergerak. Bermain di taman paling tidak satu jam setiap hari akan membuat tubuh anak lebih sehat. Belum lagi suasana taman yang sejuk, berangin segar, serta mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Semua ini akan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Kebebasan anak bermain di taman juga akan membantu melepaskan stresnya. Meskipun tingkat dan jenis stres anak berbeda dengan orang dewasa, stres pada anak tetap perlu diredakan. Anak yang terbiasa bermain di taman biasanya akan merasa lebih bahagia tetapi aman. Secara alami, anak-anak memang menyukai aktivitas di alam bebas. Jika anak bermain di taman bersama anak-anak lainnya, hal ini juga akan mengasah kemampuan bersosialisasi anak.

Meskipun bermain di taman termasuk aman, sebaiknya perhatian Anda tidak lepas dari anak. Awasilah anak-anak ketika bermain agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakan. Pastikan anak telah mengenakan pakaian yang nyaman ketika bermain. Di area taman, umumnya terdapat beberapa wahana permainan sederhana seperti jungkat-jungkit atau kursi putar. Pastikan alat-alat tersebut berfungsi dengan baik dan tidak membahayakan anak ketika dimainkan. [KUL]

 

Foto-foto: Etalase Bintaro/Nikikula, Prasto

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments