foto3

Cerdik Memilih Sayur Organik

Tak semua sayuran yang disebut organik memenuhi standard untuk diberi label “organik.” Karena itu, cermatlah berbelanja agar uang lebih yang Anda keluarkan tak sia-sia.

Memang, harga sayuran organik dibanding sayuran biasa relatif lebih mahal. Namun sayuran organik memiliki pangsa pasar tersendiri. Umumnya, orang mengonsumsi sayuran organik karena alasan kesehatan.

Sejumlah sumber menyebutkan, kandungan gizi dalam sayuran organik umumnya jauh lebih tinggi dibandingkan sayuran non-organik. Kandungan gizi yang dimaksud antara lain, zat antioksidan seperti isoflavon dan beragam mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Karena sayuran organik memiliki kandungan gizi yang lebih banyak, tentu asupan gizi untuk tubuh pun semakin optimal jika kita membiasakan diri mengonsumsi sayuran organik. Selain itu, dengan mengonsumsi sayuran organik, asupan bahan kimia dalam tubuh akan semakin minim.

Pengertian sayuran organik

Sayuran organik diartikan sebagai sayuran yang sejak proses penanaman hingga pemanenan tidak menggunakan bahan kimia. Meskipun demikian, terkadang pengertian sayuran organik sedikit rancu. Banyak orang menganggap, asalkan tidak menggunakan pestisida atau pupuk kimia, sayuran bisa disebut organik. Padahal, pengertian organik lebih kompleks.

Organik perlu dimulai dari pemilihan media tanam untuk menanam sayuran yang terbebas dari beragam bahan kimia. Air yang digunakan untuk menyirami bibit sayuran pun sebaiknya air bersih yang bebas dari zat-zat kimia. Untuk pemilihan air di kawasan perkotaan saat ini agak susah karena air di kawasan perkotaan umumnya banyak mengandung kaporit atau tercemar logam.

Cari yang terpercaya

Sayuran organik memang semakin mudah didapatkan di pasaran. Anda bisa mengunjungi supermarket terdekat seperti Parkson di Jalan Boulevard Bintaro untuk mendapatkan sayuran organik. Harga sayuran organik memang seringkali lebih mahal. Jika ingin mendapatkan sayuran organik yang lebih terjangkau, Anda bisa berbelanja di Pasar Modern Bintaro. Sayangnya, banyak sayuran yang sebenarnya organik di sini, tetapi tidak ada label resmi yang menyatakan sayuran tersebut organik.

Cara membedakan sayuran organik dan non-organik pun tidak selalu mudah. Sayuran yang berlubang dan berulat, yang sering dianggap penanda organik, pun bisa jadi ternyata non-organik. Keterlambatan penyemprotan pestisida bisa membuat ulat muncul pada sayuran.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa memilih sayuran organik yang telah bersertifikat resmi. Jika tidak, saat berbelanja sayur di pasar, Anda bisa memilih sayuran yang sepintas tampak kusam. Kusam ini bukan lantas berarti layu. Sayuran yang tampak kusam tetapi segar seperti wortel biasanya termasuk organik. Ciri lainnya, sayuran organik biasanya tidak tahan lama, hanya sekitar 2 hari kemudian layu. Sekalipun Anda menyimpan sayuran organik di lemari es, biasanya jenis sayuran ini lebih mudah layu atau busuk.

Tanam sendiri

Daripada ragu memilih sayuran organik, mengapa tidak menanamnya sendiri? Anda bisa menggunakan teknik hidroponik atau aquaponik. Untuk bibit, media tanam, dan pupuk kompos, Anda bisa mendapatkannya di Toko Trubus di Bintaro Sektor 9. Atau, jika ingin lebih praktis lagi, Anda bisa memesan secara online dari sejumlah website yang menawarkan sayuran organik bersertifikat. Misalnya dari website Kecipir.com.

“Saya lebih suka membeli sayuran organik secara online karena lebih praktis. Tinggal dipesan, nanti tunggu diantar. Harganya juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan harga sayuran di pasar,” kata Novi, seorang tenaga medis di Jakarta.

Mendapatkan sayuran organik kian mudah. Namun perlu tidaknya Anda mengonsumsinya, tergantung Anda. Fitri, pekerja lepas di Jakarta, mengaku, di usianya yang telah memasuki kepala empat, ia lebih memilih sayuran organik demi alasan kesehatan, yaitu untuk mengurangi paparan bahan kimia. Jika Anda ingin seperti Fitri, cermatlah dalam memilih sayuran organik agar manfaatnya bisa maksimal. [KUL]

 

Foto ilustrasi: Etalase Bintaro/Nikikula

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments