ilustrasi0202

Pembersih Alami, Hemat dan Ampuh

Bahan-bahan alami yang tersedia di dapur ternyata bisa digunakan sebagai alat pembersih rumah yang ampuh. Anda pun bisa berhemat cukup banyak.

Memang, sih, di pasaran tersedia beragam produk pembersih rumah. Namun bahan-bahan tersebut banyak yang tak bersahabat dengan lingkungan, karena mengandung bahan yang berbahaya, seperti deterjen.

Belum lagi bila Anda memiliki anak balita di rumah. Anda harus ekstra hati-hati menjaga produk tersebut agar tak terjangkau oleh anak-anak. Produk-produk pembersih tersebut umumnya sangat berbahaya bila tertelan, terkena kulit, mata, atau terhirup oleh anak-anak.

Untungnya ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Bahan-bahan tersebut biasa ada di dapur dan dijadikan bahan makanan, sehingga aman bagi Anda, anak-anak, dan lingkungan. Khasiatnya? Bisa sama ampuhnya, lho.

Jeruk nipis

Produk pembersih dari bahan alami ini murah dan mudah didapat. Jeruk nipis sudah lama beken sebagai bahan untuk menghilangkan bau amis. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis lalu menggosok-gosokkannya ke mangkuk, panci, atau wadah makanan lain yang berbau amis. Cara lain adalah dengan merendam semua peralatan makan yang berbau amis dalam campuran air dan jeruk nipis selama beberapa waktu. Setelah itu, bilas dan gosok tiap peralatan makan. Aroma amis pun akan hilang.

Bingung mencari cara membersihkan talenan atau alas potong sayuran dan buah? Jeruk nipis lagi-lagi menjadi jawabannya. Caranya tidak jauh berbeda dengan ketika mencuci peralatan makan yang berbau amis. Anda juga bisa memasukkan potongan jeruk nipis dalam wadah berisi air dan meletakkannya di dalam oven lalu memanaskannya. Uap hangat dari oven yang dipanaskan dengan air jeruk nipis akan membantu menghilangkan aroma tidak sedap dari oven.

Jika sabun pembersih lantai habis, campuran jeruk nipis dan air bisa menjadi pengganti. Begitu juga jika ingin memutihkan pakaian, air rendaman untuk pakaian kotor bisa ditambahkan dengan air jeruk nipis lalu diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas.

Garam

Selain jeruk nipis, bahan alami lainnya yang multifungsi adalah garam. Nur (45), seorang penjual produk sayuran dan buah-buahan organik online di Jakarta, mengaku sering menggunakan garam dapur kasar untuk mencuci pakaian.

“Biasanya, saya rendam pakaian kotor dalam air garam selama sekitar 30 menit sampai satu jam. Garamnya bukan yang garam halus, tapi garam kasar yang biasanya dijual di pasar dalam bentuk kotak-kotak. Setelah direndam dalam air garam, kotoran akan keluar dari kain,” kata Nur.

Selain untuk mencuci pakaian, Nur juga mencuci sayuran dengan air yang dicampur dengan garam. Menurut Nur, sayuran yang direndam dengan air garam tidak hanya bersih dari debu atau pasir yang terkadang menempel, tetapi juga bersih dari ulat-ulat sayuran.

Tidak hanya itu, ternyata garam juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel. Caranya dengan menggosokkan garam pada permukaan kompor atau bagian dapur yang kotor lalu bilas sampai bersih.

Cuka dan baking soda

Cuka dan sejumlah minyak esensial juga merupakan desinfektan yang cukup manjur untuk membasmi kuman dan membersihkan rumah. Anda bisa mencampur cuka atau minyak esensial dengan air, lalu gunakan untuk mengepel lantai atau menggosok area dapur.

Bahan alami terakhir adalah baking soda. Campuran baking soda dan air dapat difungsikan untuk membersihkan area dapur yang berkerak atau pipa saluran air yang kotor. Diamkan larutan baking soda dan air selama beberapa saat sebelum menggosok bagian yang kotor dan berkerak. Praktis bukan? [KUL]

 

Ilustrasi: Etalase Bintaro/YonK

Follow Instagram @ETALASEBINTARO

Comments

comments